Lee, Michael Van Wis (2018) pengukuran tingkat kematangan service operation departemen ti umn menggunakan kerangka kerja itil 2011. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (871kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (862kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN AWAL.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tata kelola teknologi informasi (IT Governance) di dunia pendidikan sudah cukup banyak digunakan termasuk di Indonesia sendiri, contohnya pada beberapa institut pendidikan. Adapun framework ITIL, digunakan sebagai alat untuk evaluasi, audit dan juga sebagai acuan implementasi. Guna untuk membantu meningkatkan layanan TI Universitas Multimedia Nusantara (UMN) pada bagian service operation, maka perlu untuk mengetahui sejauh mana tingkat kematangan dari layanan tersebut, yang kemudian dilakukan melalui pengukuran tingkat kematangan pada bagian service operation. Hasil pengukuran yang diperoleh tersebut digunakan untuk menghasilkan rekomendasi yang tepat dengan masalah yang ditemukan pada layanan itu. Pengukuran dilakukan pada domain service operation yang merupakan fokus layanan departemen TI UMN. Domain service operation memiliki 5 buah indikator, yaitu: incident management, problem management, access management, event management dan request fulfillment. Pada penelitian kali ini, kerangka kerja yang digunakan adalah ITIL Versi 2011. Hasil pengukuran yang telah ditemukan antaralain: incident management problem management, event management dan request fulfillment memperoleh hasil pengukuran di level 1 dan access management sampai ke level 2. Hasil dari pengukuran dan rekomendasi yang diberikan diharapkan dapat menjadi bahan masukkan dan menjadi bahan pengembangan yang bisa digunakan oleh pihak departemen TI Universitas Multimedia Nusantara.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Information System |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 13 Feb 2019 08:24 |
Last Modified: | 24 Oct 2022 05:49 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5243 |
Actions (login required)
View Item |