UMN Knowledge Center

Pengaruh Terpaan Berita Pilot Mabuk Citilink Di Media Online Terhadap Citra Merek Citilink Indonesia (Survei Pada Anggota Jalan2.Com)

Sani, Clarinta (2017) Pengaruh Terpaan Berita Pilot Mabuk Citilink Di Media Online Terhadap Citra Merek Citilink Indonesia (Survei Pada Anggota Jalan2.Com). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (936kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (830kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Adanya perkembangan dalam dunia transportasi udara khususnya maskapai Low Cost Carrier membuat PT Garuda Indonesia menciptakan SBU yang bernama Citilink. Kenaikan jumlah penumpang dan nama merek Citilink tidak luput dari terpaan-terpaan isu dari media mengenai kinerja ataupun kualitas Citilink. Pada bulan Desember 2016, adanya pemberitaan buruk Citilink yang memuat bahwa pilot Citilink diberitakan mabuk pada saat dilakukan body checking dan rekaman suara pilot berbicara tidak jelas sebelum take off. Rekaman tersebut viral di media khususnya di media online. Sehingga, penelitian ini menguji perngaruh antara variabel (X) Terpaan Berita dengan variabel (Y) Citra Merek. Teori utama yang digunakan adalah teori SOR. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan alat kuesioner dengan sifat penellitian kuantitatif. Sampel yang didapat untuk penyebaran kuesioner dari hasil perhitungan Slovin sebesar 310 responden. Dalam penyebarannya menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengukuran data menggunakan skala Likert. Pengujian validitas (Pearson Correlation) dan reliabilitas (Cronbach’s Alpha) dilakukan dalam uji pre-test kepada 35 responden untuk menguji distribusi data instrumen. Dalam pengujian hipotesis, peneliti menggunakan Uji Koefisien Korelasi menggunakan Pearson Product Moment dengan hasil hubungan signifikan variabel (X) Terpaan Berita terhadap variabel (Y) Citra Merek Citilink sebesar 0,414 dan Uji Regresi Linear Sederhana yang dilihat dari F hitung membuktikan variabel terpaan berita mempunya pengaruh yang signifikan terhadap citra merek Citilink sebesar 63,778 > 3,84. Uji regresi dengan metode Stepwise menghasilkan dimensi yang berpengaruh adalah dimensi Atensi dan Durasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Low Cost Carrier, Terpaan Berita, Citra Merek, Teori SOR, Citilink
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication > HD30.2 Branding > HD30.22 Corporate Branding
H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE1-9990 Transportation and communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Public Relations
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 28 Feb 2019 08:23
Last Modified: 28 Feb 2019 08:23
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/5271

Actions (login required)

View Item View Item