UMN Knowledge Center

Evaluasi program kampanye internal wahana visi indonesia dalam membangun komitmen anggota untuk menjadi duta “penghapusan kekerasan terhadap anak”

Andjani, Firqha (2017) Evaluasi program kampanye internal wahana visi indonesia dalam membangun komitmen anggota untuk menjadi duta “penghapusan kekerasan terhadap anak”. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (895kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (964kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (860kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (836kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang evaluasi program kampanye internal yang diimplementasikan melalui kegiatan pelatihan dalam suatu organisasi nonprofit. Organisasi nonprofit yang dipilih merupakan organisasi yang menangani isu-isu terkait kesejahteraan dan perlindungan anak, yakni Wahana Visi Indonesia. Secara spesifik, penelitian ini ditujukan untuk mengevaluasi keberhasilan program pelatihan dalam membangun komitmen anggota organisasi untuk menjadi Duta “Penghapusan Kekerasan Terhadap Anak”. Guna menganalisis berbagai data yang ditemukan, peneliti menggunakan konsep, dan model yang dianggap paling relevan dalam topik skripsi yang diangkat. Konsep komunikasi yang digunakan adalah Komunikasi Organisasi yang dicetuskan oleh Pace dan Faules, model komunikasi persuasif dari Wilcox, dkk, serta model evaluasi PII (preparation, implementation, impact) dari Cutlip, Center, dan Broom. Ketiganya digunakan untuk menganalisis proses-proses komunikasi yang secara sistematis dibangun oleh organisasi selama kegiatan kampanye dirancang sampai selesai dilaksanakan, serta sebagai landasan ilmu untuk mengevaluasi keberhasilan program di setiap tahapannya. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai informan yang merupakan panitia, partisipan dan ahli bidang komunikasi. Peneliti juga melakukan observasi guna mengamati situasi penelitian dengan apa adanya. Data hasil penelitian diuji keabsahannya melalui triangulasi sumber. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma post-positivistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi kampanye pada tahap persiapan sudah cukup berjalan dengan baik meskipun dengan beberapa catatan. Keberhasilan pada tahap pelaksanaan dinilai masih belum maksimal dikarenakan kegiatan yang dilaksanakan belum mampu menjangkau seluruh target audiens dalam level yang berbeda. Sementara pada tahap dampak keberhasilan dinilai bersifat parsial, beberapa partisipan sudah memenuhi kriteria pencapaian tujuan panitia dan beberapa lainnya masih tertinggal.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Internal, Kampanye Internal, Program Pelatihan, Organisasi Nonprofit, Public Relations, Riset Evaluasi, PII Model.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD59-59.9 Marketing and Publicity
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD59-59.9 Marketing and Publicity > HD59.8 Campaign
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Public Relations
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 28 Feb 2019 08:40
Last Modified: 28 Feb 2019 08:40
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/5287

Actions (login required)

View Item View Item