UMN Knowledge Center

Strategi Kampanye Pariwisata Kota Manado Dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan (Studi Kasus Program “Mari Jo Ka Manado”)

Lengkong, Maria Angelina (2017) Strategi Kampanye Pariwisata Kota Manado Dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan (Studi Kasus Program “Mari Jo Ka Manado”). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Indonesia adalah negara kesatuan yang terdiri dari berbagai macam suku, bahasa, agama, serta keragaman budaya. Kekayaan alam dan budaya yang dimiliki negara dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika ini dapat menjadi faktor pendukung utama untuk sektor pariwisata di Indonesia. Walau memiliki kekayaan alam dan budaya yang bisa menjadi nilai jual pariwisata di Indonesia, tetapi pengelolaan serta promosi yang dilakukan masih kurang apalagi dengan pariwisata di daerah-daerah. Strategi kampanye public relations Mari Jo Ka Manado yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kota Manado merupakan salah satu bentuk promosi dari pariwisata Manado. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjual pariwisata Manado ke tingkat nasional hingga internasional. Penelitian ini mencoba untuk menganalisis secara deskriptif mengenai strategi apa saja yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kota Manado untuk mewujudkan goals yang ingin dicapai dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan kampanye public relations dapat bermanfaat bagi kegiatan promosi pariwisata suatu daerah jika dikemas dengan baik dan ditujukan pada target yang jelas pula. Perencanaan strategi promosi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kota Manado belum mengikuti langkah-langkah perencanaan strategis dari dari Ronald D. Smith. Walaupun begitu pemilihan strategi dan taktik dari kampanye Mari Jo Ka Manado sudah baik terlihat dari meningkatnya kunjungan wisatawan ke Manado.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Marketing Public Relations, Kampanye Public Relations Perencanaan Strategi Kampanye Public Relations, Brand Image.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G1-922 Geography (General) > G149-180 Travel. Voyages and travels (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD59-59.9 Marketing and Publicity
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD59-59.9 Marketing and Publicity > HD59.8 Campaign
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Public Relations
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 01 Mar 2019 07:33
Last Modified: 01 Mar 2019 07:33
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/5316

Actions (login required)

View Item View Item