UMN Knowledge Center

Analisis Customer Retention Bayu Buana Travel Club Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

Maharani, Rahel (2017) Analisis Customer Retention Bayu Buana Travel Club Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (843kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (827kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (797kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bayu Buana sadar akan pentingnya loyalitas pelanggan. Mempertahankan loyalitas sangat penting untuk meningkatkan pendapatan, mengefisiensikan pengeluaran operasional karena mengakuisisi pelanggan lebih mahal dibanding mempertahankan pelanggan, dan karena jasa agen perjalanan menghandalkan kepercayaan pelanggan. Oleh karena itu Bayu Buana menciptakan program customer relationship management bernama Bayu Buana Travel Club (BBTC). Skripsi ini akan menganalisis perencanaan dan implementasi customer retention BBTC dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Tahapan customer retention terdiri dari welcome strategy, reliability, responsiveness, recognition, personalization, dan access strategy. Metodologi penelitian yang digunakan berjenis kualitatif, bersifat deskriptif, bermetode studi kasus, dengan teknik pengumpulan data wawancara dan studi kepustakaan. Hasil penelitiannya adalah sebagai berikut; Tahap welcome strategy yang dilakukan oleh Bayu Buana adalah pemberian kartu, pemberitahuan lewat SMS, dan promosi khusus pada periode tertentu. Tahap reliability ditunjukkan oleh Bayu Buana melalui pemberian keuntungan-keuntungan bagi anggota serta harga dan reputasi yang baik. Tahap responsiveness ditunjukkan melalui kuesioner untuk mewadahi keluhan pelanggan. Tahap recognition dilakukan melalui database BBTC sehingga Bayu Buana dapat mengetahui informasi mengenai pelanggan, seperti informasi ulang tahun atau habisnya masa berlaku paspor pelanggan. Tahap personalization dilakukan melalui pemberian ucapan ulang tahun dan peringatan-peringatan personal serta keuntungan-keuntungan khusus bagi pemilik BBTC Plus. Access strategy dilakukan melalui media sosial, surel, WhatsApp, Blackberry Messenger, telepon, travel consultants, dan live chat pada situs.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: customer relationship management, customer retention, loyalitas pelanggan
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD59-59.9 Marketing and Publicity
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD59-59.9 Marketing and Publicity > HD59.7 Customer Relationship Management
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Public Relations
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Mar 2019 07:38
Last Modified: 04 Mar 2019 07:38
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/5491

Actions (login required)

View Item View Item