UMN Knowledge Center

Perancangan Kampanye Sosial Penyadaran Literasi Media Sebagai Pencegah Berita Hoax

Hagieswari, Amelia Ruby (2017) Perancangan Kampanye Sosial Penyadaran Literasi Media Sebagai Pencegah Berita Hoax. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
halaman awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (837kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab ii.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab iii.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (16MB) | Preview
[img] Text
bab iv.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (42MB)
[img]
Preview
Text
bab v.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (804kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi telah membuat informasi dapat diperoleh dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja. Tak heran, hal ini menjadi peluang bagi pembuat informasi yang tidak bertanggung jawab dengan menyebar berita bohong atau hoax baik untuk kepentingan ekonomi maupun personal. Masalah hoax di Indonesia tatkala sudah pada tahap mengkhawatirkan dan menimbulkan akibat serius mulai dari kerugian personal, kericuhan hingga kematian. Sebagai pengguna media sosial terbesar, dewasa muda diharapkan berperan sentral dalam memerangi hoax. Namun pada kenyataannya, banyak diantaranya belum dapat membedakan hoax dan fakta sehingga terlalu terburu-buru dalam menanggapi sebuah berita heboh. Hal ini mengakibatkan penyebarannya hoax yang seharusnya ditekan justru marak tersebar. Melalui laporan tugas akhir ini, Penulis menyusun kampanye sosial yang bertujuan mengedukasi audiens agar mampu mendeteksi hoax serta bersikap proaktif dalam melaporkannya agar penyebaran hoax dapat ditekan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Hoax, Dewasa Muda, Deteksi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD59-59.9 Marketing and Publicity > HD59.8 Campaign
N Fine Arts
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Desain Komunikasi Visual
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 23 Apr 2019 04:45
Last Modified: 23 Apr 2019 04:45
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/5536

Actions (login required)

View Item View Item