UMN Knowledge Center

Perancangan tokoh manusia dan tikus pada film animasi “panawa”

Wahyue S., R.Bg. (2017) Perancangan tokoh manusia dan tikus pada film animasi “panawa”. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (892kB) | Preview

Abstract

Sebuah film dapat dinikmati bila film tersebut dapat menyampaikan makna danpesan dengan jelas, salah satu caranya adalah menciptakan tokoh yang informatif. Seperti yang dikatakan Beiman (2013), desain tokoh yang baik dapat memberikan informasi kepada penontonnya sehingga penontondapat menangkap cerita yang diintepretasikan. Diperlukan arahan yang jelas agar penonton mengerti informasi penting yang disampaikan.Karena itu,Beiman(2013) mengatakan bahwa dalam perkembangannya, cerita dan tokoh haruslah diberikan batasan sehingga hasil yang terbentuk tetap berada di jalurnya dan efektif.Berdasarkan pernyataan Egri (2007),untuk menciptakan tokoh yang dapat menghidupkan sebuah cerita, proses tidak berhenti pada desain yang menarik. Seperti manusia, tokoh perlu memiliki latar belakang yaitu Three Dimensional Character, meliputi dimensi psikologis, sosiologis, dan fisiologis sehingga memberikan kesan tokoh yang hidupagar penonton dapat berempati terhadap tokoh di dalam cerita. Pengaruh yang sangat besar yang disebabkan oleh desain tokoh menarik penulis untuk membahas topik ini.Pada laporan ini penulis membahas perancangan tokoh dimulai dengan menciptakan tokoh berdasarkan latar belakangnya dan dilanjutkan dengan visual yang memperhatikan makna dari setiap elemen visual.Setelah itu, tokoh yang telah dibuat akan dilanjutkan ke tahap analisis dengan membandingkan penggunaan tiap elemen dalam menyampaikan makna yang menggambarkan three dimensional character dari tokoh tersebut dengan teori desain tokoh, serta referensi dan observasi yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Tokoh,Karakter, Three Dimensional, Latar belakang, Elemen visual.
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration > NC950 Illustration
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration > NC996 Animation
N Fine Arts > NX Arts in general > NX650-694 Special subjects, characters, persons, religious arts, etc.
Divisions: Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Desain Komunikasi Visual
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:12
Last Modified: 02 Jul 2019 03:12
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/5732

Actions (login required)

View Item View Item