UMN Knowledge Center

Pengaruh ukuran perusahaan, tingkat utang, profitabilitas, intensitas persediaan, intensitas aset tetap, dan corporate governance terhadap manajemen pajak (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015)

Illeny, Illeny (2016) Pengaruh ukuran perusahaan, tingkat utang, profitabilitas, intensitas persediaan, intensitas aset tetap, dan corporate governance terhadap manajemen pajak (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI - ILLENNY (12130210003).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh dari ukuran perusahaan, tingkat utang, profitabilitas, tingkat utang, intensitas persediaan, intensitas aset tetap, dan tata kelola perusahaan terhadap manajemen pajak. Tata kelola perusahaan diukur dengan variabel jumlah dewan komisaris, persentase komisaris independen, dan komite audit. Objek penelitian yang digunakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011-2015. Total sampel pada penelitian ini adalah 70 perusahaan yang ditentukan melalui purposive sampling dan dianalisa dengan metode regresi linier berganda. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder seperti laporan keuangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ukuran Perusahaan (SIZE) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Manajemen Pajak, (2) Tingkat utang yang diproksikan dengan Debt to Equity Ratio (DER) memiliki pengaruh signifikan terhadap Manajemen Pajak, (3) Profitabilitas yang diproksikan dengan Return On Asset (ROA) memiliki pengaruh signifikan terhadap Manajemen Pajak, (4) Intensitas Persediaan (IP) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Manajemen Pajak, (5) Intensitas Aset Tetap (IAT) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Manajemen Pajak, (6) Jumlah Dewan Komisaris (BOARD) tidak memiliki pengaruh terhadap Manajemen Pajak, (7) Persentase Komisaris Independen (INDEP) tidak memiliki pengaruh terhadap Manajemen Pajak, (8) Komite Audit (KOMDIT) tidak memiliki pengaruh terhadap Manajemen Pajak, (9) Ukuran Perusahaan (SIZE), Tingkat Utang yang diproksikan dengan Debt to Equity Ratio (DER), Profitabilitas yang diproksikan dengan Return On Asset (ROA), Intensitas Persediaan (IP), Intensitas Aset Tetap (IAT), Jumlah Dewan Komisaris (BOARD), Persentase Komisaris Independen (INDEP), dan Komite Audit (KOMDIT) secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap Manajemen Pajak.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue
Divisions: Fakultas Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 23 May 2017 04:55
Last Modified: 23 May 2017 04:55
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/58

Actions (login required)

View Item View Item