UMN Knowledge Center

Implementasi Program Corporate Social Responsibility Pt Nissan Motor Indonesia “Lingkungan Layak Huni” (Periode 2011-2016)

Anggreni, Anggreni (2018) Implementasi Program Corporate Social Responsibility Pt Nissan Motor Indonesia “Lingkungan Layak Huni” (Periode 2011-2016). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (645kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Setiap Perseroan Terbatas memiliki kewajiban untuk melakukan tanggung jawab sosial kepada masyarakat dan lingkungan yang tercantum dalam Undang- Undang No.40 Tahun 2007 pasal 74. Tanggung jawab sosial yang dimaksud adalah corporate social responsibility (CSR). Salah satunya PT Nissan Motor Indonesia (PT NMI) yang melakukan tanggung jawab sosial melalui program CSR “Lingkungan Layak Huni” di Desa Gunung Sari sejalan dengan visi PT NMI yaitu “Enriching People’s Lives” melalui tiga pilar CSR Nissan, yaitu pendidikan, lingkungan dan bantuan bencana alam. Dengan program CSR PT NMI “Lingkungan Layak Huni” diharapkan dapat memperbaiki masalah sosial, salah satunya kesenjangan ekonomi yang dapat membuat lingkungan tempat tinggal tidak layak. Peneliti tertarik dengan program CSR PT NMI karena program yang dilakukan perusahaan otomotive umumnya, banyak yang berkontribusi pada pendidikan seperti PT Mitsubishi Motor. Penelitian ini melakukan penelitian mengenai program CSR PT NMI “Lingkungan Layak Huni” untuk mengetahui proses implementasi dan strategi program CSR dari 5 tahapan process model CSR Coombs dan Holladay, yaitu scanning and monitoring, formative research, create CSR initiative, communicate CSR initiative dan evaluation and feedback. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivist untuk memperbaiki kesalahan yang ada pada program. Karena jenis penelitian ini kualitatif, maka metode yang digunakan studi kasus deskriptif. Pengumpulan data dari pedoman wawancara yang mewawancarai Head of Communication PT NMI dan Communication Staff PT NMI dan data penelitian, peneliti dapatkan dari studi kepustakaan. Analisis data yang digunakan Miles dan Huberman yang meringkas data, menggabungkan data satu dengan yang lainnya dan membuat kesimpulan data yang tajam. Hasil penelitian pada penelitian ini bahwa PT NMI melakukan program CSR “Lingkungan Layak Huni” terdapat satu tahapan dari process model CSR Coombs dan Holladay yang tidak dijalankan oleh PT NMI yaitu evaluasi. Evaluasi PT NMI based on the report. Evaluasi PT NMI untuk program CSR “Lingkungan Layak Huni” dilakukan setiap tahunnya oleh Habitat for Humanity Indonesia (HFH)

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: corporate social responsibility, PT Nissan Motor Indonesia (PT NMI), lingkungan layak huni, process model CSR Coombs dan Holladay, Habitat for Humanity Indonesia (HFH).
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD60-60.5 Social responsibility of business
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD60-60.5 Social responsibility of business > HD60.1 C Corporate social responsibility
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5717-5734.7 Business communication
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 24 May 2019 06:21
Last Modified: 24 May 2019 06:21
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/5819

Actions (login required)

View Item View Item