UMN Knowledge Center

Perbedaan Perceived Quality Suatu Merek Berdasarkan Komentar User Generated Content Halaman Facebook

Justianus, Dimas (2018) Perbedaan Perceived Quality Suatu Merek Berdasarkan Komentar User Generated Content Halaman Facebook. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (914kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (785kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (785kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Aktivitas masyarakat di media sosial yang paling mudah dan sering dilakukan adalah komentar, untuk itu penelitian ini memilih user generated content dalam bentuk komentar. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan ada atau tidaknya perbedaan penilaian perceived quality suatu merek ketika dihadapkan oleh komentar user generated content yang bersifat positif dan negatif. Dikaitkan dengan teori elaboration likelihood model, penelitian ini ingin melihat apa komentar user generated content halaman Facebook sebagai stimuli akan memberikan efek pada perubahan pandangan masyarakat mengenai brand tertentu. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dilakukan kepada 141 partisipan. Dalam penelitian eksperimen ini, terdapat dua jenis variabel yakni, variabel kontrol dan variabel terikat. Variabel kontrol dalam penelitian ini adalah komentar UGC halaman Facebook yang akan dijadikan treatment yang berjenis positif dan negatif, sementara variabel terikatnya adalah perceived quality suatu merek yang akan didapatkan melalui penilaian partisipan berdasarkan treatment yang disajikan. Setelah dilakukannya uji eksperimen, ditemukan bahwa terdapat perbedaan penilaian perceived quality suatu merek ketika partisipan dihadapkan dengan komentar user generated content yang positif dan yang negatif. Melalui hasil penelitian tersebut, ditemukan bahwa komentar UGC yang bersifat positif menghasilkan penilaian perceived quality yang lebih tinggi dibandingkan dengan komentar UGC bersifat negatif. Maka karena itu, komentar UGC yang memiliki sifat pesan berbeda secara ilmiah dan teruji secara statistik dapat mempengaruhi penilaian perceived quality suatu merek.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Komentar user generated content, Perceived quality, Pesan positif negatif
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication > HD30.2 Branding > HD30.22 Corporate Branding
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication > HD30.5 Media Marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Public Relations
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Jul 2019 08:29
Last Modified: 04 Jul 2019 08:29
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/5861

Actions (login required)

View Item View Item