UMN Knowledge Center

Pengaruh reputasi underwriter, umur perusahaan, dan persentase penawaran saham kepada publik terhadap underpricing (studi pada perusahaan yang go public pada tahun 2010-2014 dan terdaftar di bursa efek Indonesia)

Ferina, Maria Jeanne (2016) Pengaruh reputasi underwriter, umur perusahaan, dan persentase penawaran saham kepada publik terhadap underpricing (studi pada perusahaan yang go public pada tahun 2010-2014 dan terdaftar di bursa efek Indonesia). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (834kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (743kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (813kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh reputasi underwriter, umur perusahaan, dan persentase penawaran saham kepada publik terhadap underpricing. Underpricing adalah suatu fenomena dimana harga saham saat penawaran perdana (IPO) lebih rendah dibandingkan harga penutupan saham di pasar sekunder saat hari pertama. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dan data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini dianalisa dengan menggunakan metode regresi linier berganda. Sampel dalam penelitian ini adalah 72 perusahaan yang melakukan penawaran saham perdana (IPO) di Bursa Efek Indonesia pada periode Januari 2010 – Desember 2014; melakukan penawaran perdana saham; mengalami underpricing saat IPO; memiliki data lengkap yang tercantum dalam prospektus perusahaan, IDX monthly statistics, laporan keuangan dan situs harga saham (e-bursa); dan menggunakan mata uang Rupiah sebagai mata uang penyajiannya. Hasil penelitian ini adalah (1) reputasi underwriter berpengaruh signifikan terhadap underpricing; (2) umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap underpricing; dan (3) persentase penawaran saham kepada publik tidak berpengaruh terhadap underpricing

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
Divisions: Fakultas Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 15 Apr 2019 08:50
Last Modified: 03 Apr 2020 06:35
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/5922

Actions (login required)

View Item View Item