UMN Knowledge Center

Analisis pengaruh personal motivation, self efficacy, perceived price, perceived ease of use dan perceived usefulness terhadap attitude to use mobile application serta implikasinya terhadap intention to use mobile application (suatu studi pada calon pengguna aplikasi mobile happy fresh indonesia)

Papia, Friska Jutresia (2016) Analisis pengaruh personal motivation, self efficacy, perceived price, perceived ease of use dan perceived usefulness terhadap attitude to use mobile application serta implikasinya terhadap intention to use mobile application (suatu studi pada calon pengguna aplikasi mobile happy fresh indonesia). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (905kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (785kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (942kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (827kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini dapat mengubah tren gaya hidup masyarakat sehingga menjadikan teknologi sebagai kebutuhan dasar dalam kehidupannya. Perubahan perilaku ini mendorong pelaku usaha untuk menciptakan layanan aplikasi mobile. Salah satu aplikasi mobile yang mengikuti perkembangan fenomena ini adalah Happy Fresh yang merupakan layanan aplikasi mobile untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari yang bekerjasama dengan supermarket yang menyediakan bahan makanan segar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh personal motivation, self efficacy, perceived price, perceived ease of use, perceived usefulness terhadap attitude to use mobile application serta implikasinya terhadap intention to use mobile application. Model teoritis dalam penelitian ini disampaikan dengan 6 hipotesis yang akan diuji menggunakan Structural Equation Model. Sampel penelitian ini adalah 155 responden pria atau wanita dengan usia minimal 30 tahun keatas berdomisili di Jakarta dan Tangerang. Responden mengetahui bahwa aplikasi Happy Fresh bekerja sama dengan Ranch Market dan Farmers Market, serta sudah pernah mengunduh (download) aplikasi Happy Fresh dan sudah mengoperasikan aplikasi Happy Fresh, akan tetapi belum pernah melakukan pembelian. Hasil dari analisis data menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara perceived ease of use dan perceived usefulness terhadap intention to use mobile application melalui attitude to use mobile application serta attitude to use mobile application terhadap intention to use mobile application . Namun dalam penelitian ini ditemukan bahwa personal motivation, self efficacy dan perceived price tidak berpengaruh terhadap intention to use mobile application melalui attitude to use mobile application. Maka keenam hipotesis penelitian yang diajukan tidak semuanya sesuai dengan hasil temuan penelitian sebelumnya. Sehingga disarankan agar Happy Fresh untuk memperhatikan harga produk yang ditawarkan serta kebutuhan customer terhadap aplikasi Happy Fresh agar terciptanya dorongan yang kuat untuk menggunakan aplikasi ini dimasa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD59-59.9 Marketing and Publicity > HD59.2 Consumer Behaviour
H Social Sciences > HF Commerce > HF7 E-Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF7 E-Commerce > HF81 Internet Marketing
Divisions: Fakultas Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Jul 2019 08:23
Last Modified: 04 Jul 2019 08:23
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/5967

Actions (login required)

View Item View Item