UMN Knowledge Center

Peran Komunikasi Internal Pt Gramedia Digital Nusantara Dalam Membangun Employee Engagement

Kasih, Junika (2018) Peran Komunikasi Internal Pt Gramedia Digital Nusantara Dalam Membangun Employee Engagement. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (935kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (906kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (970kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Peranan strategi komunikasi internal penting dalam membangun employee engagement. Terutama ketika melihat perusahaan yang tidak terlepas dari permasalahan internal yang dapat memengaruhi keterikatan karyawan terhadap perusahaan tempatnya bekerja (employee engagement). Salah satu persoalan employee engagement adalah turnover karyawan. Dalam hal ini, salah satu unit baru Kompas Gramedia yakni PT Gramedia Digital Nusantara mengalami turnover karyawan baru yang tinggi. Oleh karena itu, proses komunikasi internal perlu dilakukan untuk membangun employee engagement. Employee engagement yang baik tersebut dapat memengaruhi performa karyawan dan perusahaan itu sendiri. Fenomena tersebut diteliti menggunakan konsep komunikasi organisasi dan corporate communication, komunikasi internal, tiga tataran engagement menurut Kahn, dan model employee engagement oleh Bedarkar & Pandita. Jenis penelitian kualitatif deskriptif, paradigma post-positivisme, dan analisis melalui studi kasus digunakan dalam penelitian ini. Data untuk menunjang pembahasan penelitian diperoleh dengan wawancara mendalam, observasi langsung, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses komunikasi internal telah membangun employee engagement di PT Gramedia Digital Nusantara. Komunikasi tersebut diimplementasikan melalui program komunikasi internal berupa komunitas (olahraga, seni, profesi), sharing knowledge, corporate outing, birthday celebration, townhall, dan Fun Friday.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: komunikasi internal, employee engagement, PT Gramedia Digital Nusantara
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
H Social Sciences > HF Commerce > HF7 E-Commerce > HF73 Employees
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Public Relations
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 13 Jun 2019 07:18
Last Modified: 13 Jun 2019 07:18
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/6106

Actions (login required)

View Item View Item