Pengaruh Media Komunikasi Perusahaan Terhadap Motivasi Kerja Karyawan (Survei Pada Karyawan PT ISS Indonesia Branch 1JKT)

Ardiarachman, Mohamad Alif (2018) Pengaruh Media Komunikasi Perusahaan Terhadap Motivasi Kerja Karyawan (Survei Pada Karyawan PT ISS Indonesia Branch 1JKT). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Setiap perusahaan tentunya memiliki berbagai media komunikasi yang digunakan sehari hari. Dari berbagai media komunikasi perusahaan, salah satu yang masih banyak dipakai oleh perusahaan adalah Majalah. Pada dasarnya, majalah perusahaan memiliki dua fungsi yaitu untuk publik eksternal dan internal. Namun, biasanya majalah perusahaan lebih menitikberatkan kontennya untuk publik internalnya. Jika membicarakan Majalah dalam konteks internal, tentunya tujuan dibuatnya majalah tersebut adalah untuk memberi informasi tentang perusahaan, aktivitasnya, dan berbagai hal lainnya. Selain itu, jika terdapat kisah atau cerita inspiratif di dalamnya, maka secara tidak langsung akan memicu motivasi kerja karyawan yang membacanya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan memiliki sifat eksplanatif serta menggunakan metode survei. Data utama penelitian ini menggunakan kuisioner yang menggunakan skala likert, data yang sudah terkumpul akan diolah, diuji, dan dianalisis menggunakan IBM SPSS Versi 23. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah karyawan ISS Indonesia branch 1JKT. Penelitian ini membahas media komunikasi perusahaan khususnya Majalah GREAT ISS dan hubungannya dengan motivasi kerja. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi pada uji normalitas adalah 0,058 dan dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Sedangkan dalam uji koefisien determinasi menunjukkan hasil R Square sebesar 0,419 yang artinya variabel media komunikasi perusahaan (X) memberikan pengaruh terhadap variabel motivasi kerja (Y) sebesar 41,9%. Kemudian dimensi dari variabel X yang paling berpengaruh adalah dimensi process of influence yang terdapat indikator tingkat wawasan dan pembentukan motivasi yang memberi pengaruh sebesar 34,7%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Media Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Media Internal, Media PR, Motivasi Kerja.
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 Jun 2019 03:39
Last Modified: 21 Sep 2022 00:39
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/6150

Actions (login required)

View Item View Item