UMN Knowledge Center

Strategi Kampanye Kesehatan Dalam Meningkatkan Pola Hidup Sehat Masyarakat (Studi Kasus : Kampanye Germas Terhadap Masyarakat Kecamatan Sepatan Timur, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Tahun 2016-2018)

Yuhardhi, Nabila Alya (2018) Strategi Kampanye Kesehatan Dalam Meningkatkan Pola Hidup Sehat Masyarakat (Studi Kasus : Kampanye Germas Terhadap Masyarakat Kecamatan Sepatan Timur, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Tahun 2016-2018). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (0B)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (799kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (860kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kampanye merupakan kegiatan komunikasi secara terencana yang lebih terbuka, toleran, memiliki waktu terbatas, program yang jelas, persuasif, berkonotasi positif, dan dapat diketahui dengan jelas komunikatornya. Judul skripsi ini adalah “Strategi Kampanye Kesehatan dalam Meningkatkan Pola Hidup Sehat Masyarakat” dengan studi kasus pada kampanye Germas terhadap masyarakat Kec. Sepatan Timur, Kab. Tangerang, Prov. Banten, Tahun 2016-2018. Kampanye Germas diciptakan pertama kali oleh Kemenkes RI, di mana lembaga pemerintah tersebut melihat akan tingkat kesehatan Indonesia yang masih krisis. Maka dari itu, dibuatlah kampanye Germas ini untuk meingkatkan pola hidup sehat masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa saja yang digunakan oleh Kemenkes RI dalam melakukan kampanye Germas, Tahun 2016-2018. Model penelitian yang digunakan yaitu Deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Metode yang diambil berupa metode studi kasus dengan objek penelitiannya yaitu Kampanye Germas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dengan beberapa narasumber dari pihak Kemenkes RI serta melakukan observasi di lapangan. Selanjutnya, teknik analisis data yang digunakan berasal dari Model Miles and Huberman. Setelah wawancara dan observasi, hasil penelitian yang didapat yaitu kampanye ini menggunakan strategi kampanye dari Anne Gregory untuk mempersuasi masyarakat dalam mengatur pola hidup sehat. Strategi tersebut berawal dari menganalisis situasi menggunakan SWOT dan PEST, menetapkan tujuan, target sasaran, lokasi dan waktu, sumber daya atau pembicara, mengemas pesan yang disampaikan, merencanakan strategi, me-monitoring, pelaksanaan taktik kampanye, hingga melakukan evaluasi setelah kampanye.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kampanye, Kementerian Kesehatan RI, Strategi Kampanye, Kampanye Kesehatan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD59-59.9 Marketing and Publicity
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Public Relations
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 13 Jun 2019 02:22
Last Modified: 13 Jun 2019 02:22
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/6157

Actions (login required)

View Item View Item