UMN Knowledge Center

Strategi City Branding Dalam Kegiatan Promosi Dinas Pariwisata Provinsi Banten (Studi Kasus Pantai Tanjung Lesung Sebagai The Next Top Ten Bali)

Fitri, Siti Aidah (2018) Strategi City Branding Dalam Kegiatan Promosi Dinas Pariwisata Provinsi Banten (Studi Kasus Pantai Tanjung Lesung Sebagai The Next Top Ten Bali). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (893kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai strategi city branding dalam kegiatan promosi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Banten dalam memperkenalkan destinasi pariwisata khususnya Pantai Tanjung Lesung yang telah ditetapkan sebagai The Next Top Ten Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sifat penelitian adalah deskriptif dengan metode studi kasus. Adapun metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma post-positivisme dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, dokumentasi, dan studi kepustakaan, serta teknik keabsahan data yang menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini menggunakan konsep tahapan perencanaan SOSTAC planning framework, strategi komunikasi, marketing framework Pariwisata 3A (Attraction, Amenities, dan Acessable), strategi promosi BAS (Brandiing, Advertising, dan Selling), serta konsep Pentahelix Pariwisata. Hasil dari penelitian yang sudah dilakukan, dapat diketahui bahwa Dinas Pariwisata Provinsi Banten memilih Strategi SOSTAC (situation analysis, objectives, strategy, dan control) untuk melakukan city branding dari Pantai Tanjung Lesung. Branding rutin dilakukan melalui event-event tahunan seperti Festival Pantai Tanjung Lesung, yang memiliki tema berbeda di setiap tahunnya, serta strategi komunikasi yang dilakukan mendukung pelaksanaan strategi city branding tersebut. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi komunikasi itu penting dalam pembangunan city branding. Program city branding yang dilakukan Dinas Pariwisata Provinsi Banten telah tercapai sesuai target yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi, Strategi City Branding, Promosi, Pantai Tanjung Lesung, Dinas Pariwisata Provinsi Banten
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication > HD30.2 Branding
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication > HD30.2 Branding > HD30.22 Corporate Branding
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Public Relations
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 29 Apr 2019 03:08
Last Modified: 29 Apr 2019 03:08
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/6197

Actions (login required)

View Item View Item