Strategi City Branding Dalam Kegiatan Promosi Dinas Pariwisata Provinsi Banten (Studi Kasus Pantai Tanjung Lesung Sebagai The Next Top Ten Bali)

Fitri, Siti Aidah (2018) Strategi City Branding Dalam Kegiatan Promosi Dinas Pariwisata Provinsi Banten (Studi Kasus Pantai Tanjung Lesung Sebagai The Next Top Ten Bali). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (893kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (720kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai strategi city branding dalam kegiatan promosi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Banten dalam memperkenalkan destinasi pariwisata khususnya Pantai Tanjung Lesung yang telah ditetapkan sebagai The Next Top Ten Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sifat penelitian adalah deskriptif dengan metode studi kasus. Adapun metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma post-positivisme dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, dokumentasi, dan studi kepustakaan, serta teknik keabsahan data yang menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini menggunakan konsep tahapan perencanaan SOSTAC planning framework, strategi komunikasi, marketing framework Pariwisata 3A (Attraction, Amenities, dan Acessable), strategi promosi BAS (Brandiing, Advertising, dan Selling), serta konsep Pentahelix Pariwisata. Hasil dari penelitian yang sudah dilakukan, dapat diketahui bahwa Dinas Pariwisata Provinsi Banten memilih Strategi SOSTAC (situation analysis, objectives, strategy, dan control) untuk melakukan city branding dari Pantai Tanjung Lesung. Branding rutin dilakukan melalui event-event tahunan seperti Festival Pantai Tanjung Lesung, yang memiliki tema berbeda di setiap tahunnya, serta strategi komunikasi yang dilakukan mendukung pelaksanaan strategi city branding tersebut. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi komunikasi itu penting dalam pembangunan city branding. Program city branding yang dilakukan Dinas Pariwisata Provinsi Banten telah tercapai sesuai target yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Strategi, Komunikasi, Strategi City Branding, Promosi, Pantai Tanjung Lesung, Dinas Pariwisata Provinsi Banten
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 307 Communities (Incl. Indigenous, Rural, Suburban and Urban Communities)
300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing)
900 History and Geography > 910 Geography and Travel > 910 Geography and Travel, Tourism
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 29 Apr 2019 03:08
Last Modified: 18 Jan 2022 05:53
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/6197

Actions (login required)

View Item View Item