UMN Knowledge Center

Pengaruh pelayanan fiskus, pengetahuan dan sosialisasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi (studi di wilayah kpp pratama tigaraksa

Pratiwi, Iga Cindy (2014) Pengaruh pelayanan fiskus, pengetahuan dan sosialisasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi (studi di wilayah kpp pratama tigaraksa. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
(Read Only)PDF FINAL SKRIPSI Iga Cindy Pratiwi (09130210080).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jumlah wajib pajak dari tahun ke tahun semakin meningkat, tetapi hal tersebut tidak berbanding lurus dengan kepatuhan wajib pajak. Hal ini berarti bahwa, terdapat penurunan dari tingkat kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelayanan fiskus, pengetahuan perpajakan, dan sosialisasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang melakukan kegiatan usaha yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tigaraksa. Sampel yang digunakan dari populasi tersebut adalah wajib pajak orang pribadi yang melakukan kegiatan usaha yang terdaftar di KPP Pratama Tigaraksa yang berada di Kecamatan Kelapa Dua. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 101 orang. Metode pengumpulan data primer dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan fiskus dan pengetahuan perpajakan berpengaruh secara simultan terhadap kepatuhan wajib pajak. Dan sosialisasi perpajakan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Hasil uji F adalah sebesar 27,625 dengan nilai signifikansi 0,000, maka Ha4 diterima. Untuk hasil uji t pelayanan fiskus adalah sebesar -2,217 dengan nilai signifikansi 0,029, maka Ha1 diterima. Hasil uji t pengetahuan perpajakan sebesar 8,215 dengan nilai signifikansi 0,000, maka Ha2 diterima. Hasil uji t sosialisasi perpajakan sebesar 1,869 dengan nilai signifikansi 0,065, maka Ha3 ditolak. Adjusted R2 yang diperoleh dari penelitian ini adalah 0,444. Hal ini menunjukkan bahwa 44,40% variabel dependen dalam penelitian ini dapat dijelaskan oleh variabel-variabel independen yang dipilih. Sedangkan 55,60% sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue
Divisions: Fakultas Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 06 Jul 2017 01:44
Last Modified: 06 Jul 2017 01:48
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/625

Actions (login required)

View Item View Item