UMN Knowledge Center

Representasi ideologi gender pada iklan minyak kayu putih cap lang versi kasih ibu dan iklan layanan masyarakat "pilih caleg perempuan" (studi semiotika iklan charles sanders peirce)

Charistho, Yohanes Bosco (2015) Representasi ideologi gender pada iklan minyak kayu putih cap lang versi kasih ibu dan iklan layanan masyarakat "pilih caleg perempuan" (studi semiotika iklan charles sanders peirce). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (837kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (962kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (904kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (824kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (804kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perempuan oleh media massa, senantiasa digambarkan sangat tipikal, yaitu tempatnya ada di rumah berperan sebagai ibu rumah tangga dan pengasuh, tergantung para lelaki, tidak mampu membuat keputusan penting, menjalani profesi yang terbatas, selalu melihat pada dirinya sendiri, sebagai objek seksual/ simbol seks, objek fetis, objek peneguhan pola kerja patriarki, objek pelecehan dan kekerasan, selalu disalahkan, dan bersikap pasif, serta menjalankan fungsi sebagai pengonsumsi barang atau jasa dan sebagai alat pembujuk. Selain itu, eksistensi perempuan juga tidak terwakili secara proposional di media massa, baik dalam berita maupun hiburan, termasuk iklan. Judul skripsi ini adalah “Representasi Ideologi Gender Pada Iklan Minyak Kayu Putih Cap Lang versi Kasih Ibu dan Iklan Layanan Masyarakat ‘Pilih Caleg Perempuan’ (Studi Semiotika Iklan Charles Sanders Peirce)”. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui representasi ideologi gender pada iklan minyak kayu putih cap lang versi kasih ibu dan iklan layanan masyarakat “Pilih Caleg Perempuan”. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dengan demikian, penelitian semiotika merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan tujuan untuk mencari penjelasan detil mengenai fenomena sistem tanda dan makna yang ada dalam iklan minyak kayu putih cap lang dan iklan layanan masyarakat “Pilih Caleg Perempuan”. Dari hasil penelitian terlihat bahwa melalui iklan minyak kayu putih cap lang versi kasih ibu dan iklan layanan masyarakat “Pilih Caleg Perempuan” tersebut tokoh ibu dikonstruksikan sebagai sosok yang kuat dan pantang menyerah. Sehingga tokoh ibu menjadi lebih dominan dan kemudian membentuk kontruksi ideologi gender.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5801-6182 Advertising
J Political Science > JS Local government Municipal government > JS221-227 Elections. Local elections. Municipal elections
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99-99.4 Semiotics. Signs and symbols
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 10 Jul 2017 05:28
Last Modified: 27 Sep 2017 06:55
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/632

Actions (login required)

View Item View Item