Analisis pengaruh perceived ease of use, perceived usefulness, perceived informativeness terhadap attitudes toward online shopping serta implikasinya pada intention to e-shop telaah pada pengguna rajamobil.com di indonesia

Tungkrisna, Tungkrisna (2018) Analisis pengaruh perceived ease of use, perceived usefulness, perceived informativeness terhadap attitudes toward online shopping serta implikasinya pada intention to e-shop telaah pada pengguna rajamobil.com di indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (383kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (861kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (270kB) | Preview

Abstract

Pembelian mobil baru secara online yang masih dianggap baru memiliki potensi besar di masa depan. Akan tetapi masih sedikit penelitian yang ilmiah yang menganalisis tingkat penerimaan masyarakat terhadap cara pembelian mobil baru secara online tersebut, khususnya dalam website Rajamobil.com. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis consumer behavior yang merupakan dasar dari adopsi cara baru pembelian mobil baru secara online dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Metode penelitian ini adalah conclusive research design dengan descriptive research dan metode pengambilan data cross sectional design. Populasi pada penelitian ini seluruh masyarakat Indonesia yang pernah menggunakan situs Rajamobil.com dan berusia diatas 15 tahun. Penelitian ini menggunakan Lisrel Version 8.8 dengan menggunakan model teoritis yang memiliki 5 variabel yang diuji dengan Structural Equation Model. Dalam penelitian ini, terdapat enam variabel yang akan diteliti. Empat variabel yakni Perceived Usefulness, Perceived Informativeness, Attitude toward Online Shopping, dan Intention to E-Shop memiliki hubungan positif, Variabel Perceived Usefulness berpengaruh positif terhadap Attitude toward Online Shopping dikarenakan jika suatu teknologi baru berguna untuk mempermudah pekerjaan, maka konsumen akan menggunakan teknologi tersebut. Sedangkan variabel Perceived Ease of Use tidak berpengaruh terhadap Attitude toward Online Shopping dikarenakan dalam penelitian ini, responden mayoritas generasi milenial sehingga kemudahan tidak berpengaruh terhadap mereka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perceived Usefulness, dan Perceived Informativeness memiliki pengaruh positif terhadap Attitude toward Online Shopping sehingga jika variabel tersebut ditingkatkan, maka akan berdampak pada meningkatnya Intention to E-Shop yaitu orang akan semakin loyal terhadap situs Rajamobil baik untuk mencari informasi maupun melakukan pembelian mobil. Penting bagi Rajamobil.com untuk meningkatkan fitur usefulness dan informativeness seperti mengembangkan fitur tracking dan 360 degree driving experience. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah mempertajam rentang usia agar dapat menjelaskan dengan lebih rinci dan penelitian dapat sesuai dengan yang diharapkan. Keyword: marketplace, rajamobil, technology acceptance model (TAM), perceived ease of use, perceived usefulness, perceived informativeness, attitude toward online shopping, intention to e-shop

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology > 126 The self (personal identity, personality, personal branding)
300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing)
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding
Divisions: Faculty of Business > Management
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 23 Apr 2019 02:17
Last Modified: 20 Jan 2023 01:19
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/6472

Actions (login required)

View Item View Item