UMN Knowledge Center

Perancangan facial rig dalam menciptakan Ekspresi wajah karakter dalam animasi 3d “omen”

Coritama, Jeanne (2018) Perancangan facial rig dalam menciptakan Ekspresi wajah karakter dalam animasi 3d “omen”. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (811kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (20MB)
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (827kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (819kB) | Preview

Abstract

Ekspresi wajah memegang peranan yang sangat penting dalam menyampaikan berbagai informasi dan berkomunikasi. Pentingnya ekspresi wajah juga berlaku dalam animasi, dimana ekspresi wajah memiliki peran untuk menghidupkan karakter, berkomunikasi secara emosional dengan penonton dan untuk menginformasikan kondisi karakter. Penulis akan membahas mengenai bagaimana teori-teori mengenai wajah menjadi penting dalam perancangan rig wajah karakter untuk animasi 3D. Teori utama yang penulis ambil adalah teori mengenai wajah, emosi dan ekspresi dari Paul Ekman. Teknik perancangan yang akan digunakan juga beragam, antara lain joint-based rigging, blendhapes dan wrinkle map. Teknik-teknik ini saling berhubungan satu sama lain untuk dapat menghasilkan satu sistem rig wajah yang utuh dalam menghasilkan ekspresi wajah karakter.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration > NC996 Animation
N Fine Arts > NX Arts in general
N Fine Arts > NX Arts in general > NX650-694 Special subjects, characters, persons, religious arts, etc.
Divisions: Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Film dan Televisi
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Jul 2019 07:01
Last Modified: 04 Jul 2019 07:01
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/6552

Actions (login required)

View Item View Item