UMN Knowledge Center

Perancangan Kampanye Sosial Menjaga Informasi Pribadi Dalam Media Social Untuk Remaja

Viantika, Benita Vela (2018) Perancangan Kampanye Sosial Menjaga Informasi Pribadi Dalam Media Social Untuk Remaja. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
halaman awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (811kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab ii.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab iii.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
bab iv.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (16MB)
[img]
Preview
Text
bab v.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (812kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (810kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kampanye ini berawal dari fenomena pertumbuhan pengguna internet di Indonesia yang kian bertambah tiap tahunnya, khususnya dalam penggunaan media sosial oleh remaja. Hal ini juga menyebabkan remaja banyak menjadi korban kejahatan dalam media sosial akibat kurang berhati-hati dalam memberikan infomasi pribadi di media sosial. Rumusan masalah yang diangkat penulis adalah bagaimana merancang kampanye sosial menjaga informasi pribadi dalam media sosial untuk remaja. Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan awareness pada remaja 13- 18 tahun agar mengetahui bahaya dan cara melindungi diri dalam menggunakan media sosial. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah kualitatif (studi pustaka, studi eksisting, observasi non-partisipatif, dan wawancara), dan kuantitatif (kuesioner). Metodologi perancangan yang digunakan adalah menurut Landa (2011). Pesan yang ingin disampaikan adalah mengetahui bahaya dan batasan yang aman dalam menyebarkan informasi pribadi di media sosial. Konsep keseluruhannya mengangkat tema kejahatan datang tanpa disadari korban, dengan pendekatan affective (memberikan dampak negatif sehingga memberikan rasa takut) dan emotional appeal berupa perasaan terkejut. Berdasarkan strategi komunikasi AISAS, penulis memilih video sebagai media primer, kemudian video ad, poster, web banner, website, brosur, dan merchandise sebagai media sekunder. Penulis berharap dengan adanya penelitian ini, target audiens dapat lebih waspada dan bijak dalam menggunakan media sosial, sehingga menutup celah timbulnya tindak kejahatan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: kampanye, sosial, menjaga, informasi, pribadi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD59-59.9 Marketing and Publicity > HD59.8 Campaign
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Desain Komunikasi Visual
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 09 Jul 2019 02:04
Last Modified: 09 Jul 2019 02:04
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/6641

Actions (login required)

View Item View Item