UMN Knowledge Center

Pengaruh persepsi kebermanfaatan, persepsi kemudahan, kepuasan pengguna, serta keamanan dan kerahasiaan terhadap penggunaan e-filing oleh wp orang pribadi (studi di wilayah kpp pratama tangerang barat)

Safitri, Puput (2016) Pengaruh persepsi kebermanfaatan, persepsi kemudahan, kepuasan pengguna, serta keamanan dan kerahasiaan terhadap penggunaan e-filing oleh wp orang pribadi (studi di wilayah kpp pratama tangerang barat). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
PUPUT SAFITRI (12130210061).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview

Abstract

E-Filing merupakan salah satu cara penyampaian SPT secara elektronik yang dapat dilakukan melalui situs Direktorat Jenderal Pajak (www.pajak.go.id). Tujuan utama dari penggunaan e-Filing adalah memangkas biaya dan waktu Wajib Pajak untuk mempersiapkan, memproses dan melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) ke Kantor Pajak secara langsung dan tepat waktu. Namun, saat ini masih sedikit Wajib Pajak yang menggunakan e-Filing dikarenakan masih banyak Wajib Pajak yang belum paham tentang pengoperasian e-Filing dan kemampuan Wajib Pajak untuk menggunakan e-Filing masih minim. Selain kemampuan Wajib Pajak, terdapat beberapa faktor mempengaruhi Wajib Pajak dalam menggunakan e-Filing seperti perbedaan persepsi dan kepuasan Wajib Pajak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi kebermanfaatan, persepsi kemudahan, kepuasan pengguna, dan keamanan dan kerahasiaan terhadap penggunaan e-Filing. Objek dari penelitian ini adalah Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Tangerang Barat dan menggunakan e-Filing. Pemilihan sampel penelitian ditetapkan berdasarkan metode convenience sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 109 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah metode regresi linear berganda. Hasil menunjukkan bahwa: (1) persepsi kebermanfaatan berpengaruh terhadap penggunaan e-Filing, (2) persepsi kemudahan berpengaruh terhadap penggunaan e-Filing, (3) kepuasan pengguna tidak berpengaruh terhadap penggunaan e-Filing, (4) keamanan dan kerahasiaan tidak berpengaruh terhadap penggunaan e-Filing, (5) persepsi kebermanfaatan, persepsi kemudahan, kepuasan pengguna dan keamanan dan kerahasiaan berpengaruh secara simultan terhadap penggunaan e-Filing

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue
Divisions: Fakultas Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 23 May 2017 07:32
Last Modified: 23 May 2017 07:32
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/67

Actions (login required)

View Item View Item