Analisis Dan Perancangan Aplikasi Business Intelligence Pada Bagian Pemasaran Universitas Multimedia Nusantara

Setya, Victor (2012) Analisis Dan Perancangan Aplikasi Business Intelligence Pada Bagian Pemasaran Universitas Multimedia Nusantara. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (856kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (830kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Universitas Multimedia Nusantara (UMN) memiliki visi menjadi perguruan tinggi unggulan di bidang teknologi informasi dan komunikasi baik di tingkat nasional dan internasional. Oleh sebab itu, bagian pemasaran UMN memerlukan informasi yang tepat dan akurat mengenai asal, jalur pendaftaran, serta program studi mahasiswa dan calon mahasiswa UMN dari tahun ke tahun untuk menentukan strategi pemasarannya. Penelitian ini berusaha menjawab kebutuhan informasi tersebut dengan merancang sebuah sumber data yang bersih dan terarah dalam bentuk data warehouse. Data yang sudah diolah tersebut kemudian akan disajikan menjadi informasi yang berguna melalui aplikasi business intelligence. Pada proses pengembangannya, penelitian ini menggunakan metodologi Business Dimensional Lifecycle yang dikembangkan oleh Ralph Kimball dan koleganya. Pada akhirnya, penelitian ini berhasil menghasilkan sebuah data warehouse yang memuat sumber data yang bersih dan konsisten mengenai data demografi calon mahasiswa serta mahasiswa yang ada di UMN. Selain itu, penelitian ini juga menghasilkan sebuah aplikasi business intelligence yang dapat menampilkan informasi tersebut ke dalam bentuk interactive report dan interactive dashboard.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: business intelligence, data warehouse, data mart, Kimball, Oracle Warehouse Builder, OWB, Oracle Business Intelligence Enterprise Edition, OBIEE.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.3 Artificial Intelligence, Machine Learning, Pattern Recognition, Data Mining
300 Social Sciences > 370 Education > 370 Education
300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing)
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 14 Oct 2020 09:21
Last Modified: 25 Jan 2023 06:08
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/6770

Actions (login required)

View Item View Item