UMN Knowledge Center

Kampanye Sosial Donor Darah untuk Memenuhi Kebutuhan Kantung Darah Bagi Pasien Thalassemia di Tangerang

Sutanto, Jennyfer Alberrica (2019) Kampanye Sosial Donor Darah untuk Memenuhi Kebutuhan Kantung Darah Bagi Pasien Thalassemia di Tangerang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (16MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Thalassemia merupakan penyakit kronis yang diderita seumur hidup dan satu-satunya cara untuk mengobati penyakit ini adalah dengan melakukan transfusi darah yang membutuhkan 4 kantung darah dalam 2 bulan. Transfusi darah ini bila tidak dilakukan, maka penderita Thalassemia akan kehilangan nyawanya. Pendonor di PMI Tangerang mengalami penurunan sebanyak 50% pada bulan Ramadhan hingga 10 hari setelah Idul Fitri. Selain itu, masih banyak masyarakat yang mengurungkan niat untuk donor darah karena berpegang teguh pada mitos-mitos yang tidak benar mengenai donor darah. Perancangan kampanye sosial ini memiliki tujuan untuk memberikan informasi mengenai penyakit Thalassemia kepada masyarakat agar dapat mencegah menurunnya gen Thalassemia kepada anak mereka, memberi edukasi kepada masyarakat mengenai donor darah serta manfaatnya, dan menyediakan pendonor tetap bagi pasien Thalassemia yaitu pada bulan Ramadhan hingga Idul Fitri agar pasien dapat melakukan transfusi darah. Kampanye sosial yang dilakukan dengan mengedukasi masyarakat dan mengumpulkan 4 pendonor tetap bagi 1 penyitas Thalassemia dalam 2 bulan ketika Ramadhan hingga idul Fitri. Media yang digunakan dalam kampanye sosial ini adalah media utama digital berupa Instagram, infografis sebagai media utama cetak. Media poster, ads banner, dan merchandise sebagai media pendukung.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Thalassemia, kampanye, donor darah
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD59-59.9 Marketing and Publicity > HD59.8 Campaign
N Fine Arts > N Visual arts
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration > NC1800-1850 Posters
Divisions: Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Desain Komunikasi Visual
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 18 Nov 2019 01:39
Last Modified: 18 Nov 2019 01:39
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/7026

Actions (login required)

View Item View Item