UMN Knowledge Center

Perancangan Kampanye Sosial Mengurangi Penggunaan Antibiotik Pada Penyakit Harian Anak

Livia Widyanto, Christa (2019) Perancangan Kampanye Sosial Mengurangi Penggunaan Antibiotik Pada Penyakit Harian Anak. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (840kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (718kB) | Preview

Abstract

Antibiotik dapat menyembuhkan penyakit dengan membunuh bakteri dalam tubuh, namun jika digunakan berlebihan akan menimbulkan resistensi antibiotik. Terdapat kesalahan berpikir pada masyarakat bahwa antibiotik adalah obat segala penyakit. WHO dan Kemenkes Indonesia, Nila Moeloek, menyatakan bahwa resistensi antibiotik merupakan ancaman serius dan memerlukan tindakan pencegahan sejak dini, saat masih anak-anak. Oleh karena itu, diperlukan perancangan kampanye sosial sebagai bentuk komunikasi efektif kepada masyarakat luas. Pengumpulan data akan dilakukan dengan menyebarkan kuesioner, observasi, wawancara dengan dokter spesialis anak, dan dengan Yayasan Orang Tua Peduli. Perancangan desain akan dilakukan dalam 5 tahapan menurut Landa, yaitu orientasi, analisis, konsep, desain, dan implementasi. Ide dari kampanye ini adalah kebiasaan yang berbahaya, menggambarkan kebiasaan orang tua yang terlihat sepele namun ternyata mengancam nyawa di kemudian hari. Media utama yang digunakan adalah website, dengan media lainnya yaitu poster, ads banner, dan media sosial. Harapannya melalui kampanye ini, kesadaran orang tua muda semakin sadar agar memahami bahaya penggunaan antibiotik yang berlebihan pada anak serta bagaimana menggunakannya secara bijak.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: kampanye sosial, resistensi, antibiotik, anak.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD59-59.9 Marketing and Publicity > HD59.8 Campaign
N Fine Arts > N Visual arts
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Desain Komunikasi Visual
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 18 Nov 2019 02:53
Last Modified: 17 Jan 2020 02:46
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/7044

Actions (login required)

View Item View Item