UMN Knowledge Center

Analisis hubungan dimensi kualitas layanan, kualitas makanan, dan harga terhadap kepuasan konsumen restoran petromak

Yahya, Gareth Joshua (2012) Analisis hubungan dimensi kualitas layanan, kualitas makanan, dan harga terhadap kepuasan konsumen restoran petromak. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (764kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (807kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (743kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (741kB) | Preview

Abstract

Peneliti mengambil judul proposal skripsi “Analisis Hubungan Dimensi Kualitas Layanan, Kualitas Makanan, dan Harga Dengan Kepuasan Konsumen Restoran Petromak”. Alasan peneliti mengambil judul ini adalah agar hasil analisis yang dilakukan dapat menunjukkan adanya hubungan dimensi kualitas produk barang dengan kepuasan konsumen restoran. Selain itu, diharapkan penelitian ini dapat menemukan model matematis sesuai dengan model penelitian yang ada. Saat konsumen datang ke sebuah restoran maka terdapat pembelian produk berupa makanan dan minuman. Dimana produk makanan dan minuman merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Oleh karena itu konsumen berharap mendapat kualitas yang terbaik. Termasuk kualitas produk jasa, makanan, dan harga yang diberikan oleh pihak restoran. Penelitian menggunakan model penelitian yang dikemukakan oleh Hong Qin dan Victor R.Prybutok. Model ini menjelaskan terdapat beberapa variabel yang mempengaruhi dimensi kualitas produk barang. Variabel- variabel tersebut adalah variabel keberwujudan (tangible), variabel keandalan (realibility), variabel ketanggapan (responsiveness), variabel tingkah laku pekerja (employee behaviors), variabel empati (empathy), variabel kualitas produk (food quality), dan variabel harga (price/value). Penelitian dilakukan terhadap 166 responden yang dipilih dengan menggunakan metode simple random sampling melalui penyebaran kuesioner dan dilakukan pada bulan Desember 2011 hingga Januari 2012. Penelitian ini menggunakan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, dan hipotesa. Dari uji yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa variabel tangible memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Pengujian regresi yang dilakukan dalam penelitian ini menghasilkan persamaan : Kepuasan Konsumen = 0,173 + 1,178 Tangible – 0,238 Reliability + 0,0110 Responsiveness + 0,026 Employee Behavior + 0,014 Empathy – 0,050 FoodQuality + 0,003 Price Kesimpulan dari penelitian ini dibagi ke dalam tiga hal. Yang pertama adalah pihak restoran perlu meningkatkan variabel reliability, responsiveness, employee behaviors, empathy, food quality, price/value untuk mencapai kepuasan konsumen restoran. Yang kedua adalah bahwa variabel yang perlu mendapat perhatian khusus adalah variabel reliability dan food quality, karena memiliki niai penghitungan yang terkecil. Dan yang ketiga, saran yang dapat diberikan terkait dengan penelitian ini adalah perlu adanya pelatihan bagi karyawan untuk melakukan pencatatan transaksi dengan tepat, membuat pesanan dan mengantarkannya kepada konsumen dengan waktu yang cepat (kurang dari 30 menit). Serta pelatihan untuk membuat produk makanan dan minuman yang higienis, menyehatkan, dan bervariasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: Fakultas Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 12 Jul 2017 03:27
Last Modified: 27 Sep 2017 03:19
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/707

Actions (login required)

View Item View Item