UMN Knowledge Center

Propaganda dalam video klip ‘jokowi dan basuki’ karya cameo project: analisa semiotika charles sanders peirce

Nastiti, Angela Winda Andini (2013) Propaganda dalam video klip ‘jokowi dan basuki’ karya cameo project: analisa semiotika charles sanders peirce. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (825kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (940kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (47MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (740kB) | Preview

Abstract

Video klip musik yang diteliti adalah milik akun YouTube bernama Cameo Project dengan judul ‘Jokowi dan Basuki’. Video klip ini diunggah ke YouTube pada tanggal 25 Agustus 2012 dan telah dilihat kurang lebih 1,7 juta pasang hingga hari ini (5 Januari 2013). Penulis meneliti propaganda yang digunakan oleh Tim Cameo Project yang membuat video klip ini mampu menarik perhatian banyak orang. Dalam video klip tersebut, penulis menemukan adanya lima tanda propaganda dari tujuh tanda propaganda yang ada berdasarkan klasifikasi dari Institute for Propaganda Analysis (IPA). Analisis propaganda tersebut penulis lakukan dengan dibantu oleh pisau analisis semiotika dari Charles Sanders Peirce. Kelima propaganda tersebut adalah band wagon, card-stacking, name calling, plain-folks, dan glittering generalities. Dalam penelitian ini, penulis menemukan bahwa video klip yang dikombinasikan dengan media sosial, dalam hal ini YouTube dapat memberikan dampak propaganda yang cukup besar dalam sebuah kepemimpinan dalam negara demokrasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication > HD30.2 Branding > HD30.21 Personal Branding
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99-99.4 Semiotics. Signs and symbols
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 12 Jul 2017 04:40
Last Modified: 27 Sep 2017 09:17
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/742

Actions (login required)

View Item View Item