UMN Knowledge Center

Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility, profitabilitas, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan (studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2009-2011)

Saputra, Rian (2014) Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility, profitabilitas, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan (studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2009-2011). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
(Read Only)Skripsi (Full).pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), profitabilitas, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. Dalam penelitian ini, pengungkapan CSR diukur dengan menggunakan pedoman pelaporan Global Reporting Initiative (GRI), profitabilitas diukur dengan Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE), dan kebijakan dividen diukur dengan Dividend Payout Ratio (DPR). Nilai perusahaan diukur dengan Tobin’s Q. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2009 sampai tahun 2011. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dan data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini dianalisa dengan menggunakan metode regresi linier berganda. Secara total, terdapat 15 perusahaan manufaktur yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh peneliti. Hasil penelitian ini adalah profitabilitas yang diproksikan dengan ROE mempunyai pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan secara individual, sementara pengungkapan CSR, profitabilitas yang diproksikan dengan ROA, dan kebijakan dividen yang diproksikan dengan DPR tidak mempunyai pengaruh terhadap nilai perusahaan. Pengungkapan CSR, profitabilitas yang diproksikan dengan ROA dan ROE, dan kebijakan dividen yang diproksikan dengan DPR mempunyai pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan secara simultan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation
Divisions: Fakultas Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 10 Jul 2017 03:14
Last Modified: 10 Jul 2017 03:14
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/755

Actions (login required)

View Item View Item