UMN Knowledge Center

Strategi majalah baru travel di Indonesia dalam upaya mendapatkan pembaca (studi kasus pada majalah destinasian Indonesia)

Putri, Erin Widyo (2013) Strategi majalah baru travel di Indonesia dalam upaya mendapatkan pembaca (studi kasus pada majalah destinasian Indonesia). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (960kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (795kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (863kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Strategi Majalah Baru Travel di Indonesia dalam Upaya Mendapatkan Pembaca (Studi Kasus pada Majalah DestinAsian Indonesia) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi dunia travel di Indonesia yang terus berkembang seiring bertumbuhnya jumlah wisatawan nasional dan nusantara. Hal ini membuat kebutuhan informasi akan dunia perjalanan turut meningkat. Industri majalah travel, yang merupakan salah satu media penyedia informasi seputar perjalanan juga mengarah ke titik positif. Terbukti dengan masuknya majalah baru yang lahir dari grup DestinAsian, yakni DestinAsian Indonesia. Sebagai pendatang baru, DestinAsian Indonesia mencoba masuk ke dalam pasar yang ceruk untuk mendapatkan pembaca melalui strategi-strategi tertentu. Untuk mendalami hal tersebut, dibentuk rumusan masalah dalam penelitian ini yang berfokus pada bagaimana strategi DestinAsian Indonesia dalam upaya mendapatkan audiens. Teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian strategi untuk mendapatkan audiens ini antara lain Manajemen Media, Produk Media, Majalah, Audiens, Niche Market, The Five Competitive Forces, serta Strategi Umum. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah postpositivisme dengan pendekatan kualitatif-deskriptif, metode penelitian studi kasus, serta teknik pengumpulan data berupa wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagai pendatang baru yang berada dalam pasar ceruk, DestinAsian Indonesia menggunakan strategi Differentiation Focus. Majalah ini menawarkan sesuatu yang berbeda melalui konten di berbagai rubrik, terutama rubrik Feature. Selain itu, DestinAsian Indonesia juga menghadirkan fitur yang berbeda melalui hasil sinergi antara majalah dengan website yang saling mendorong pembaca untuk melakukan penelusuran pada dua produk tersebut. Majalah ini menunjukan segmen pasarnya yang menyasar pada kalangan menengah atas di mana DestinAsian Indonesia menjadi majalah pertama yang menarget pada kelas atas.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication > HD30.2 Branding
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication > HD30.6 Marketing Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 12 Jul 2017 08:09
Last Modified: 27 Sep 2017 09:18
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/792

Actions (login required)

View Item View Item