UMN Knowledge Center

Pengaruh komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar (sd) tarakanita bumijo yogyakarta (survey kepada orang tua siswa kelas 1 sd)

Handjojo, Eunike Ratna (2015) Pengaruh komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar (sd) tarakanita bumijo yogyakarta (survey kepada orang tua siswa kelas 1 sd). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (834kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (756kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (941kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (991kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak merupakan hal penting yang memengaruhi motivasi belajar anak. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, salah satu caranya adalah menjaga supaya komunikasi interpersonal orang tua dan anak tetap berjalan dengan baik dan semakin intim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh Komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak dalam memotivasi belajar anak. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Penetrasi Sosial dengan konsep Self Disclosure, di mana semakin intim hubungan orang tua dan anak, maka keduanya akan saling terbuka satu sama lain. Metodologi yang digunakan peneliti adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 58 responden. Teknik penarikan sampel menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi interpersonal orang tua dan anak terhadap motivasi belajar siswa yaitu sebesar 23,4% sedangkan 76,6% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Diharapkan penelitian ini dapat menambah pengetahuan pembaca maupun penulis. Selain itu diharapkan penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan refrensi penelitian berikutnya

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ755.7-759.92 Parents. Parenthood Including parent and child, husbands, fathers, wives, mothers
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media > P94.7 Interpersonal communication
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Public Relations
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 12 Jul 2017 08:07
Last Modified: 27 Sep 2017 10:02
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/794

Actions (login required)

View Item View Item