Strategi public relations pada proses rebranding pt asuransi jiwasraya (persero)

Jessica, Jessica (2015) Strategi public relations pada proses rebranding pt asuransi jiwasraya (persero). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (888kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (911kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (766kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (727kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (801kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rebranding yang terjadi pada perusahaan-perusahaan di Indonesia. Banyak perusahaan memutuskan untuk melakukan penyegaran pada mereknya dalam rangka mempertahankan posisinya di dalam industri yang semakin kompetitif. Sejak masuknya perusahaanperusahaan asuransi joint venture, pasar asuransi jiwa lebih banyak didominasi oleh perusahaan asing sehingga berdampak PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang merupakan perusahaan asuransi pertama di Indonesia. PT Asuransi Jiwasraya memutuskan untuk melakukan rebranding dalam rangka menegaskan eksistensi perusahaannya. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: public relations, strategic public relations planning, corporate branding, rebranding, dan komunikasi dalam perubahan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi public relations pada proses rebranding PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Paradigma yang digunakan adalah konstruktivistik dengan pendekatan kualitatif-deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam dan studi dokumen serta diperkuat dengan triangulasi sumber dari praktisi yang ahli dalam bidang branding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rebranding yang dilakukan terjadi pada tahapan complete changes, yakni perubahan total termasuk nilai-nilai perusahaan. Adapun strategi rebranding dalam PT Asuransi Jiwasraya (Persero) adalah strategi aksi dan komunikasi proaktif dengan menggunakan brand endorser Manchester City Football Club yang kemudian dirumuskan dalam sejumlah kegiatan aktivasi untuk karyawan, agen, dan juga konsumen

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 Jul 2017 08:06
Last Modified: 12 Apr 2023 02:11
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/822

Actions (login required)

View Item View Item