UMN Knowledge Center

Pengaruh komunikasi interpersonal guru dengan murid terhadap motivasi belajar murid (survei terhaap murid sma pahoa gading serpong kelas xi tahun ajaran 2014/2015)

Ayuningtyas, Maria Anjas (2015) Pengaruh komunikasi interpersonal guru dengan murid terhadap motivasi belajar murid (survei terhaap murid sma pahoa gading serpong kelas xi tahun ajaran 2014/2015). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan sekolah di Indonesia semakin maju menghadirkan banyak tawaran, salah satunya adalah kualitas pendidikan. Sekolah Terpadu Pahoa merupakan sekolah yang menggunakan sistem trilingual bahasa sehingga memiliki sistem pengajaran yang berbeda dengan sekolah-sekolah lainnya. Pendidikan di sekolah bisa berjalan baik jika ada komunikasi yang baik. Komunikasi interpersonal yang baik akan memberikan dampak positif dalam proses belajar-mengajar, sehingga hal ini dapat memengaruhi motivasi belajar murid. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh dan seberapa kuat pengaruh komunikasi interpersonal guru dengan murid terhadap motivasi belajar murid SMA Pahoa Gading Serpong kelas XI tahun ajaran 2014/2015? Dalam penelitian ini teori yang digunakan adalah teori self disclosure, konsep ciri-ciri komunikasi interpersonal yang efektif, dan motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Jenis penelitian bersifat eksplanatif dengan pendekatan kuantitaif. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Jumlah populasi sebanyak 239 murid dengan teknik sampling simple random sampling dan untuk mengetahui jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan nilai presisi sebesar 10% diperoleh responden sebanyak 71 orang. Teknik pengumpulan data melalui kuisioner dan studi pustaka. Data analisis secara kuantitatif dengan alat statistik korelasi Pearson. Hasil korelasi Pearson menunjukkan pengaruh komunikasi interpersonal guru dengan murid terhadap motivasi belajar murid SMA Pahoa Gading Serpong kelas XI tahun ajaran 2014/2015 termasuk kategori kuat. Dengan nilai koefisien determinasi sebesar 25.2% maka dapat disimpulkan bahwa komunikasi interpersonal guru dengan murid ini memiliki pengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar murid.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705-2286 Education and training of teachers and administrators
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media > P94.7 Interpersonal communication
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Public Relations
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 13 Jul 2017 08:32
Last Modified: 27 Sep 2017 09:40
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/844

Actions (login required)

View Item View Item