UMN Knowledge Center

The relationship between the consumption content of gogirl! magazine with a tendency adolescent girls dress style

Angelina, Yohanna Lea (2013) The relationship between the consumption content of gogirl! magazine with a tendency adolescent girls dress style. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (745kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (909kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (794kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (792kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (846kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah mengenai adanya media massa dalam mempengaruhi khalayak, dalam hal ini media cetak (majalah), terutama isi yang ditampilkan dalam majalah Gogirl! dengan kecenderungan gaya berpakaian remaja putri. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara konsumsi isi majalah Gogirl! dengan kecenderungan gaya berpakaian remaja putri. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konsumsi isi majalah Gogirl! dengan kecenderungan gaya berpakaian remaja putri dan mengetahui seberapa kuat hubungan dari isi majalah tersebut dengan kecenderungan gaya berpakaian remaja putri. Penelitian ini menggunakan teori S-O-R (Stimulus-Organism-Respons). Dalam teori ini dijelaskan bahwa media digunakan oleh khalayak sebagai alat atau acuan untuk memperoleh pengetahuan mengenai informasi melalui 2 dimensi yaitu sikap dan motif. Dalam Sikap terdapat 3 evaluasi yaitu mengenai kognitif (pengetahuan), afektif (perasaan), dan konatif (perilaku). Sedangkan dalam motif terdapat evaluasi terhadap kebutuhan sosial, penghargaan diri, dan aktualisasi diri. Dalam hal ini, informasi yang disajikan dalam majalah Gogirl! dapat dijadikan sarana sebagai acuan untuk mengikuti tren gaya berpakaian di kalangan remaja. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah survei, yaitu pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 150 responden yang seluruhnya siswi kelas X dan XI SMAK Penabur Gading Serpong yang membaca majalah Gogirl!. Tekhnik penarikan sampel yang digunakan adalah tekhnik simple random sampling dan diuji dengan uji korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa isi yang disajikan majalah Gogirl! memiliki hubungan yang signifikan dan kuat dengan kecenderungan gaya berpakaian siswi SMAK Penabur Gading Serpong. Hubungan atau korelasi yang diberikan terhadap gaya berpakaian melalui perhitungan pearson adalah 0,744. Selain itu, hasil penelitian juga mengatakan bahwa media massa berperan sebagai salah satu alat pembelajaran bagi pembaca untuk menambah informasi tentang gaya berpakaian yang up to date. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembaca meniru gaya berpakaian yang disajikan dalam majalah Gogirl! bukan hanya ingin mengikuti tren yang ada tetapi juga untuk dapat diterima oleh lingkungan sekitarnya dan untuk mendapatkan ganjaran berupa pujian dari orang lain.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition
H Social Sciences > HM Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699-5650 Journalism. The periodical press, etc. > PN4832-4836 Magazines and other periodicals
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 13 Jul 2017 08:48
Last Modified: 27 Sep 2017 09:14
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/859

Actions (login required)

View Item View Item