UMN Knowledge Center

Strategi public relations dalam proses re-branding hotel nikko jakarta menjadi pullman jakarta indonesia

Amanda, Fransisca (2013) Strategi public relations dalam proses re-branding hotel nikko jakarta menjadi pullman jakarta indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (930kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (931kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (824kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (869kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai strategi Public Relations yang digunakan dalam proses re-branding Hotel Nikko Jakarta menjadi Pullman Jakarta Indonesia. Re-branding dilakukan sebagai bentuk pembuktian komitmen Accor sebagai salah satu operator hotel terbesar di Asia Tenggara dalam memperluas industri bisnis hotel berbintang lima di Jakarta. Dalam proses re-branding, strategi Public Relations digunakan sebagai dasar dalam merencanakan kegiatan komunikasi yang akan dilakukan. Konsep yang digunakan sebagai dasar dalam penelitian ini antara lain: model komunikasi Public Relations Two-Way Asymetrical menurut Grunig dan Hunt; Corporate Public Relations; 9 steps of Strategic Planning for Public Relations menurut Ronald D. Smith dan konsep Brand Management dan Re-Branding menurut Fandy Tjiptono. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan wawancara terhadap pihak Public Relations Manager Pullman Jakarta Indonesia yang memiliki keterlibatan dan peran yang cukup besar selama proses persiapan hingga pelaksanaan re-branding Hotel Nikko Jakarta menjadi Pullman Jakarta Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Public Relations yang digunakan dalam proses re-branding merupakan bentuk strategi proaktif, di mana PR lebih dahulu mengkomunikasikan perubahan brand yang terjadi dengan melaksanakan kegiatan komunikasi berupa press conference pada saat re-branding 19 Januari 2012. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa strategi re-branding yang digunakan oleh Hotel Nikko Jakarta dalam proses re-branding menjadi Pullman Jakarta Indonesia ialah phase-in / phase-out strategy dan diketahui pula bahwa re-branding yang dilaksanakan memberikan perubahan dari segi corporate identity dan corporate image.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication > HD30.4 Marketing Public Relations
T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Public Relations
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 13 Jul 2017 10:33
Last Modified: 28 Sep 2017 08:56
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/899

Actions (login required)

View Item View Item