Implementasi strategi komunikasi dalam bondholder interaction (studi kasus divisi investor relations pt. pertamina (persero) pasca penerbitan global bond iii - mei 2013)

Jaya, Herdi Setiawan (2013) Implementasi strategi komunikasi dalam bondholder interaction (studi kasus divisi investor relations pt. pertamina (persero) pasca penerbitan global bond iii - mei 2013). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (896kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (812kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (814kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (739kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (861kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai implementasi strategi komunikasi dalam bondholder interaction Divisi Investor Relations PT. Pertamina (Persero) pasca penerbitan global bond yang ketiga pada Mei 2013. PT. Pertamina (Persero) sebagai perusahaan yang telah menerbitkan global bond perlu membangun, menjaga dan mempertahankan hubungan dengan para bondholder-nya yang berasal dari Amerika Serikat, Eropa dan Asia dengan latar belakang budaya yang berbeda-beda melalui bondholder interaction. Oleh karena itu, Divisi Investor Relations PT. Pertamina (Persero) melakukan implementasi strategi komunikasi khususnya cross-culture communication dalam bondholder interaction dengan tujuan untuk menbangun, menjaga dan mempertahankan hubungan dengan para bondholder pasca penerbitan global bond. Teori dan konsep dalam penelitian ini antara lain adalah Implementasi, Strategi Komunikasi, Implementasi Strategi Komunikasi, Investor Relations, Public Relations, Bondholder Interaction, Intercultural Communication, Cross-Cultural Communication, Komunikasi Antar Budaya dalam Konteks Bisnis dan Lewis Cross-Culture Communication Model. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif-deskriptif dan dengan metode penelitian studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, studi dokumen, data perusahaan, pemberitaan media dan website. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menentukan gaya komunikasi (cross-culture communication) yang tepat bagi para bondholder dalam bondholder interaction, Divisi Investor Relations PT. Pertamina (Persero) melakukan bondholder profiling. Dari data bondholder profiling tersebut, kemudian dengan memanfaatkan “komunikasi antar budaya dalam konteks bisnis” Samovar dan model Cross-Culture Communication Lewis, Divisi Investor Relations PT. Pertamina (Persero) menentukan gaya komunikasi yang sesuai pada setiap bondholder. Implementasi strategi komunikasi, khususnya cross-culture communication yang tepat dapat meningkatkan kinerja dan efektifitas operasional dari Divisi Investor Relations PT. Pertamina (Persero) dalam bondholder interaction. Walaupun menentukan cross-culture communication yang tepat bagi para bondholder memang penting. Namun, menentukan informasi yang substansi lebih penting bagi para bondholder.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
600 Technology (Applied Sciences) > 660 Chemical Engineering
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 14 Jul 2017 03:02
Last Modified: 26 Jan 2023 02:45
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/905

Actions (login required)

View Item View Item