UMN Knowledge Center

Konsep diri anak dalam lembaga pemasyarakatan anak kelas iia tangerang (studi fenomenologi terhadap anak yang tinggal dalam lapas)

Rianawati, Ribka (2015) Konsep diri anak dalam lembaga pemasyarakatan anak kelas iia tangerang (studi fenomenologi terhadap anak yang tinggal dalam lapas). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Maraknya kasus kriminalitas yang berakhir pada pemberian hukuman penjara merupakan fenomena yang marak terjadi di kalangan anak-anak khususnya remaja. Mulai dari kasus kriminalitas ringan hingga berat yang dilakukan oleh para remaja setiap harinya selalu muncul di pemberitaan cetak maupun televisi. Anak-anak yang seharusnya hidup bebas tanpa beban dan kekangan, karena tindakan yang dilakukannya mereka harus hidup di dalam penjara dan jauh dari orang-orang terdekatnya. Komunikasi dan interaksi di penjara dengan kondisi yang terisolasi dari dunia luar serta keharusan untuk berbaur dengan orang-orang yang baru dikenal dalam Lapas bukanlah suatu hal yang mudah, pemaknaan yang berbeda-beda akan muncul dalam diri masing-masing anak. Makna yang muncul dalam diri masingmasing anak akan mempengaruhi bagaimana anak tersebut dalam bertindak dan pada akhirnya akan mempengaruhi pembentukan konsep diri anak. Skripsi ini berjudul “Konsep Diri Anak Dalam Lapas (Sebuah Studi Fenomenologi Terhadap Anak Yang Tinggal Dalam Lapas Anak Kelas IIA Tangerang)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna pengalaman anak yang tinggal dalam Lapas dan bagaimana konsep diri anak yang tinggal dalam Lapas. Penelitian ini menggunakan teori fenomenologi, interaksi simbolik dan konsep diri, serta konsep anak lapas. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan paradigma konstruktivis. Peneliti mengumpulkan berbagai data penelitian melalui wawancara, observasi dan juga buku-buku terkait topik penelitian ini. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa interaksi yang terjadi di dalam lapas, baik itu antara anak dengan anak atau anak dengan sipir akan menghasilkan simbol yang dimaknai berbeda-beda oleh setiap anak. Makna yang muncul dalam diri anak akan menentukan bagaimana anak-anak akan bertindak dan akan mempengaruhi pembentukan konsep diri mereka. Konsep diri yang dimiliki anak dalam Lapas adalah konsep diri positif, hal ini dikarenakan anak-anak memaknai pengalaman tinggal dalam Lapas sebagai pengalaman yang positif.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ767.8-792.2 Children. Child development
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV7231-9960 Criminal justice administration
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Public Relations
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 14 Jul 2017 03:07
Last Modified: 28 Sep 2017 01:38
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/908

Actions (login required)

View Item View Item