UMN Knowledge Center

Pengaruh konten pembicaraan mengenai kandidat presiden dan wakil presiden 2014 di sosial media (facebook) terhadap tingkat partisipasi politik (survei pada siswa dan siswi smak calvin kelas xii)

Sebastian, Rika Maya (2015) Pengaruh konten pembicaraan mengenai kandidat presiden dan wakil presiden 2014 di sosial media (facebook) terhadap tingkat partisipasi politik (survei pada siswa dan siswi smak calvin kelas xii). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul pengaruh pemberitaan mengenai kandidat presiden dan wakil presiden 2014 di sosial media (Facebook) terhadap tingkat partisipasi politik; survey pada siswa siswi Sekolah Menengah Atas Kristen Calvin kelas dua belas. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan tekonologi (new media) yang semakin dipakai dalam perpolitikan di Indonesia bahkan memberikan pengaruh terhadap tingkat partisipasi politik di Indonesia. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan konsep Grunassen dan Lilaohren, konsep new media, sosial media Facebook, dan bentuk partisipasi politik menurut Mujani. Jenis penelitian ini adalah eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan teknik sensus. Data primer diperoleh melalui metode servey dengan melakukan penyebaran kuesioner yang disebar kapada seluruh siswa/siswi SMAK Calvin kelas XII. Teknik analisis data menggunakan uji koefisien korelasi dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat kuat antara pemberitaan mengenai kandidat presiden dan wakil presiden 2014 di sosial media Facebook terhadap tingkat partisipasi politik. Pada nilai R square pada uji regresi menunjukkan angka sebanyak 0,706 atau sekitar 49%. Artinya pemberitaan mengenai kandidat presiden dan wakil presiden 2014 di sosial media Facebook telah mempengaruhi tingkat partisipasi politik sebesar 45%. Sedangkan 51% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government > JS221-227 Elections. Local elections. Municipal elections
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Public Relations
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 14 Jul 2017 03:08
Last Modified: 28 Sep 2017 01:39
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/915

Actions (login required)

View Item View Item