Perancangan Karakter Animasi 2D "Halmahera : Pongana Mo Nyawa"

Pusthikaswasti, Udaya (2016) Perancangan Karakter Animasi 2D "Halmahera : Pongana Mo Nyawa". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (674kB) | Preview

Abstract

Sebagai negara kepulauan, Indonesia terkenal akan keragaman adat, budaya, dan suku bangsa. Namun, keragaman ini kurang mendapat perhatian baik dari pemerintah maupun masyarakat. Kenyataannya, di Maluku Utara, pedalaman Hutan Halmahera Timur, terdapat suku primitif yang keberadannya terancam punah, Suku Togutil. “Togutil” sendiri memiliki arti “keterbelakangan” dalam Bahasa ternate, sehingga orang Togutil lebih senang menyebut dirinya sebagai pongana mo nyawa atau “orang Rimba” dalam Bahasa setempat. Menilik dari fenomena tersebut, muncul gagasan untuk mengemas mengenai Suku Togutil serta permasalahan yang tengah dihadapi kedalam bentuk animasi yang unik dan menarik. Animasi dipilih sebagai medium agar dapat menjangkau semua umur serta membuat informasi lebih menarik. Selain itu, animasi kini sudah menjadi alat edukasi selain media literatur. Setiap karakter dalam animasi memiliki cerita atau backstory. Hal ini membuat suatu karakter memiliki “kekuatan” bagi audience. “Kekuatan” karakter ini dapat digunakan untuk mengemas kearifan lokal suku Togutil kedalam bentuk perancangan karakter yang unik. Rancangan karakter yang unik tidak hanya dapat menarik penonton, tetapi juga mengenalkan Suku Togutil itu sendiri.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures)
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 14 Jul 2017 07:20
Last Modified: 12 Jun 2023 03:05
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/958

Actions (login required)

View Item View Item