UMN Knowledge Center

Strategi dan implementasi corporate social responsibility pt wahana makmur sejati (main dealer sepeda motor Honda untuk kawasan jakarta-tangerang) studi kasus program rumah pangan lumbung sejahtera

Surentu, Vallen Caroline (2013) Strategi dan implementasi corporate social responsibility pt wahana makmur sejati (main dealer sepeda motor Honda untuk kawasan jakarta-tangerang) studi kasus program rumah pangan lumbung sejahtera. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (628kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (983kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh salah satu tools perusahaan dalam melakukan tanggung jawabnya, yaitu Corporate Social Responsibility (CSR) yang sekarang ini sudah menjadi sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh perusahaan. Dikarenakan masyarakat dewasa kini tidak hanya memilih perusahaan melalui produk yang telah dihasilkan tetapi lebih melihat bagaimana sikap sosial dari perusahaan itu sendiri terhadap masyarakat maupun lingkungan. Permasalahan yang diteliti ialah bagaimana strategi dan implementasi Corporate Social Responsibility PT Wahana Makmur Sejati dalam program rumah pangan lumbung sejahtera. Tentunya tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi seperti apa yang dilakukan oleh Wahana sekaligus bagaimana proses implementasi dalam menjalankan program rumah pangan lumbung sejahtera. Konsep utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemahaman mengenai proses perencanaan Public Relations, corporate communication serta konsep berkaitan dengan CSR. Dengan menggunakan metode studi kasus, penelitian kualitatif deskriptif ini membahas strategi dan implementasi program CSR salah satu dealer utama sepeda motor HONDA di Indonesia. Selain itu, peneliti melakukan wawancara kepada pihak internal perusahaan sebagai key informan. Sekaligus peneliti mewawancarai dosen ahli di bidang CSR sebagai bagian yang membantu di dalam uji keabsahan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT Wahana Makmur Sejati sangat concern pada program rumah pangan lumbung sejahtera. Program berkesinambungan yang sudah berjalan sejak tahun 2008 ini juga telah berjalan dengan baik meskipun ke depannya akan selalu ada inovasi yang lebih baik lagi. Optimalnya program ini berjalan juga dapat memberikan dampak positif terhadap citra perusahaan ini di mata publik yang lebih luas. Strategi yang digunakan melalui media internal maupun ekternal serta melalui Word of Mouth (WOM). Dan di dalam mengimplementasikan program CSR ini, PT Wahana Makmur Sejati menggunakan model improve Sekaligus program CSR rumah pangan ini telah memenuhi kedelapan indikator implementasi CSR yang terdiri dari leadership, proporsi bantuan, transparansi & akuntabilitas, cakupan wilayah, perencanaan & mekanisme monitoring & evaluasi, pelibatan stakeholders, keberlanjutan (sustainability), serta hasil nyata (outcome). Kata Kunci di dalam penelitian ini : Implementasi dan CSR. (Vallen Caroline Surentu, UMN, 2009).

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD60-60.5 Social responsibility of business > HD60.1 C Corporate social responsibility
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Public Relations
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 17 Jul 2017 02:49
Last Modified: 28 Sep 2017 09:59
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/961

Actions (login required)

View Item View Item