UMN Knowledge Center

Strategi customer relationship management (crm) hotel santika bsd: dalam mempertahankan kesetiaan pelanggan melalui program kgvc flazz sip

Nugrohowati, Yuliana Ariyani (2013) Strategi customer relationship management (crm) hotel santika bsd: dalam mempertahankan kesetiaan pelanggan melalui program kgvc flazz sip. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (746kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (936kB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan industri perhotelan yang semakin pesat menimbulkan adanya persaingan yang ketat di antara para pelaku industri perhotelan. Persaingan tersebut menjadikan hotel-hotel terus melakukan inovasi untuk menarik minat dan menjaga kesetiaan pelanggan. Hotel Santika BSD merupakan hotel bisnis bintang tiga yang menggunakan strategi Customer Relationship Management (CRM) dalam memperkenalkan salah satu programnya yang bernama Kompas Gramedia Value Card Flazz Santika Important Person (KGVC Flazz SIP). KGVC Flazz SIP merupakan loyalty program yang disediakan oleh Kompas Gramedia yang bekerja sama dengan aliansi Flazz BCA untuk memberikan lebih banyak manfaat dan fasilitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan strategi Customer Relationship Management (CRM) yang dilakukan Guest Relations Officer (GRO) Hotel Santika BSD dalam mempertahankan kesetiaan pelanggan melalui program KGVC Flazz SIP. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus dan didukung dengan data-data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dengan pihak internal PT.Grahawita Santika dan Hotel Santika BSD. Selain itu, penulis juga melakukan studi pustaka dari beberapa buku, jurnal dan bahan-bahan lain yang dapat dijadikan penunjang dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi CRM yang dilakukan GRO Hotel Santika BSD melalui program KGVC Flazz SIP berfungsi sebagai jawaban atas mempertahankan kesetiaan pelanggan terhadap Hotel Santika BSD. Hal ini diterapkan dengan tiga nilai (Operational excellence, Product leadership, dan Customer intimacy) dan melakukan kerjasama secara internal maupun external.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD59-59.9 Marketing and Publicity
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD59-59.9 Marketing and Publicity > HD59.7 Customer Relationship Management
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Public Relations
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 17 Jul 2017 03:11
Last Modified: 28 Sep 2017 09:54
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/969

Actions (login required)

View Item View Item