Strategi corporate social responsibility (csr) pt pertamina (persero) refinery unit III dalam meningkatkan reputasi perusahaan (studi kasus pada program biogas)

Sariwulan, Aldila Eka (2014) Strategi corporate social responsibility (csr) pt pertamina (persero) refinery unit III dalam meningkatkan reputasi perusahaan (studi kasus pada program biogas). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (859kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (840kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (842kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (672kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai salah satu aktivitas perusahaan dalam meningkatkan reputasi perusahaan. Semakin ketatnya persaingan bisnis, PT Pertamina Refinery Unit III menyadari bahwa pentingnya menjaga dan memelihara reputasi positif melalui kegiatan yang bersifat sosial guna mensejahterakan lingkungan sekitarnya sebagai bagian dari proses bisnis yang berkelanjutan. Melalui program CSR biogas, Pertamina Refinery Unit III mengajak masyarakat untuk memanfaatkan sumber daya yang tersedia yakni kotoran sapi supaya memiliki nilai guna sebagai bahan bakar untuk rumah tangga. Konsep utama yang digunakan dalam penelitian ini antara lain pemahaman terkait CSR, strategi perencanaan CSR Coombs & Holladay dan reputasi perusahaan. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif dan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dengan wawancara dan studi dokumen sebagai data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program CSR biogas Pertamina Refinery Unit III telah dijalankan secara konsisten dari tahun 2011. Berdasarkan tahapan strategi perencanaan CSR, program biogas juga telah berjalan dengan baik dalam mencapai tujuan dari program, yaitu mengajak masyarakat untuk memanfaatkan sumber daya yang tersedia yakni kotoran sapi menjadi biogas supaya memiliki nilai guna. Reputasi perusahaan dimata peserta program dan masyarakat pun meningkat. Hal ini terlihat dari outcome dan output yang di dapatkan dari pelaksanaan program biogas ini.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 654.408 Social Responsibility Management, CSR
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 17 Jul 2017 03:49
Last Modified: 06 Apr 2023 03:37
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/986

Actions (login required)

View Item View Item