Rancang Bangun Aplikasi Pemantau Kebugaran Berbasis Mobile Menggunakan Metode Gamifikasi

Sandro Setiawan, Samuel (2019) Rancang Bangun Aplikasi Pemantau Kebugaran Berbasis Mobile Menggunakan Metode Gamifikasi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Waktu penggunaan gawai pintar di masyarakat semakin meningkat. Dalam kondisi seperti sekarang, kemampuan gawai pintar untuk memotivasi dan menjaga gaya hidup sehat penggunanya lewat aplikasi pemantau kebugaran merupakan hal yang sangat penting. Gamifikasi dapat diterapkan dalam aplikasi pemantau kebugaran sebagai salah satu solusi dalam meningkatkan motivasi pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi pemantau kebugaran berbasis mobile menggunakan metode gamifikasi dengan framework Octalysis serta mengetahui tingkat penggunaan kembali (behavioural intention to use) dan terbawa suasana (immersion) yang diuji dan diukur melalui kuesioner yang menggunakan model Hedonic Motivation System Adoption Model (HMSAM). Pengujian telah dilakukan pada mahasiswa, karyawan, serta wiraswasta dan membuktikan bahwa gamifikasi dapat memotivasi pengguna untuk memantau gaya hidup sehat mereka dengan lebih baik. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan menggunakan kuesioner HMSAM, pengguna menyatakan sangat setuju bahwa aplikasi yang telah dirancang dan dibangun dapat meningkatkan penggunaan kembali (behavioural intention to use) dengan nilai persentase 81,43%, dan setuju bahwa pengguna dapat merasa terbawa suasana (immersion) saat menggunakan aplikasi ini dengan nilai persentase 74,59%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: gamifikasi, octalysis, aplikasi pemantau kebugaran, hmsam, behavioural intention to use, immersion
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2019 09:18
Last Modified: 25 Aug 2023 02:53
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10167

Actions (login required)

View Item View Item