Penerapan Jurnalisme Partisipasi di Detikcom

Gilang Muharrom, Azmy (2019) Penerapan Jurnalisme Partisipasi di Detikcom. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (996kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (949kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (960kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (968kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Merujuk laporan Dewan Pers tahun 2018, Indonesia memiliki sekitar 40 ribu lebih media massa, yang sebagian besar didominasi oleh media siber. Di tengah besarnya jumlah media siber berindikasi pada menigkatnya daya saing untuk mempertahankan loyalitas dan menambah jumlah pengguna. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi engagement oleh media siber. Salah satu strategi yang diterapkan adalah berkolaborasi atau melibatkan pengguna media untuk berpartisipasi dalam kegiatan jurnalisme. Kolaborasi antara pengguna dan jurnalis pada suatu media disebut sebagai jurnalisme partisipasi. Salah satu media siber di Indonesia yang aktif dalam melibatkan pengguna untuk berpartisipasi adalah Detikcom. Peneliti menaruh perhatian lebih pada Detikcom atas dasar kepemilikan suatu aplikasi bernama Pasangmata, adalah UGC (User Generated Content) untuk mewadahi konten produksi dari pengguna. Penelitian ini berjudul "Penerapan Jurnalisme Partisipasi di Detikcom". Penelitian ini menggunakan konsep jurnalisme partisipasi dari Domingo dkk (2008). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui upaya Detikcom dalam menerapkan konsep jurnalisme partisipasi untuk mempertahankan loyalitas dan menambah jumlah pengguna. Pada konsep jurnalisme partisipasi terdapat lima tahap, yakni access/obsevation, selection/filtering, processing/editing, distribution, dan interpretation. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualiatif dengan sifat deskriptif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kasus. Metode studi kasus diterapkan mengacu pada jurnalisme partisipasi yang termasuk dalam peristiwa kontemporer. Peneliti menggunakan teknik wawancara jenis semi structured guna mendapatkan data dan informasi dari informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Detikcom menerapkan access/observation, proccessing/editing, distribution, dan interpretation sebagai upaya engagement.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Detikcom, Media Siber, Jurnalisme Partisipasi, Pengguna
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2019 08:38
Last Modified: 26 Apr 2023 03:36
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10253

Actions (login required)

View Item View Item