Rancang Bangun Aplikasi Web Pendukung Rekayasa Kebutuhan untuk Mengumpulkan User Stories Menggunakan Metode Gamifikasi

Saphira, Martha (2019) Rancang Bangun Aplikasi Web Pendukung Rekayasa Kebutuhan untuk Mengumpulkan User Stories Menggunakan Metode Gamifikasi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (939kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (717kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Software memiliki peranan yang sangat penting diberbagai bidang kehidupan pada zaman modern ini. Pengembangan software tanpa persiapan yang baik dapat menyebabkan terjadinya kegagalan pembangunan suatu sistem. Salah satu cara mencegah kegagalan adalah menggunakan requirement engineering untuk mengumpulkan kebutuhan pengguna. Teknik yang sederhana adalah dengan menggunakan user stories, namun kurangnya partisipasi stake holder menjadi halangan dalam pengumpulan user requirement. Penggunaan metode gamifikasi yang menerapkan elemen game ke dalam aplikasi non-game diharapkan dapat meningkatkan minat user untuk mengumpulkan user stories. Pembangunan website pendukung rekayasa kebutuhan untuk mengumpulkan user stories dibuat menggunakan PHP framework Laravel dan menerapkan elemen-elemen game sesuai dengan framework gamifikasi Werbach dan Hunter. Tingkat penerimaan pengguna terhadap website diukur menggunakan metode Hedonic Motivation System Adoption Model dan menghasil kan persentase sebesar 81.1% pada aspek joy, persentase sebesar 73.4% pada aspek control, 67.2% pada aspek focused immersion, 60.6% pada aspek temporal dissociation, 80% pada aspek curiosity, 76.8% pada aspek perceived ease of use, 72.9% pada aspek perceived usefulness, dan 76.2% pada aspek behavioran intention to use.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: gamifikasi, rekayasa kebutuhan, stemming, user stories, website
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.6 Internet, Cloud Computing, Website, LAN, Email
000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2019 08:11
Last Modified: 25 Aug 2023 05:27
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10309

Actions (login required)

View Item View Item