Implementasi Metode Deteksi Tepi Canny dan Logika Fuzzy pada Sistem Pengendalian Lalu Lintas

Fernando, Vincent (2019) Implementasi Metode Deteksi Tepi Canny dan Logika Fuzzy pada Sistem Pengendalian Lalu Lintas. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (891kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (717kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Lampu lalu lintas sangat penting untuk mengatur lalu lintas pada persimpangan jalan. Terdapat 2 jenis pengoperasian pada lampu lalu lintas, salah satunya adalah actuated time traffic signal. Pengoperasian dengan cara actuated time traffic signal pada lampu lalu lintas tentunya menjadi lebih efektif karena lama durasi lampu hijau akan bergantung pada banyak kendaraan yang sedang mengantri. Untuk pengendalian lalu lintas actuated time traffic secara real time diperlukan algoritma yang dapat digunakan dalam pengolahan citra digital. Pada penelitian ini, algoritma deteksi tepi Canny diimplementasikan dalam pengolahan citra digital untuk mengetahui berapa banyak kendaraan yang sedang mengantri dan logika Fuzzy diimplementasikan untuk menghitung durasi lampu hijau sesuai dengan kepadatan kendaraan pada jalur yang diatur, lebar jalan pada jalur yang diatur, kepadatan kendaraan pada jalur selanjutnya dan lebar jalan pada jalur selanjutnya. Uji coba dilakukan sebanyak 5 kali dengan masing-masing skenario memiliki 4 jalur. Berdasarkan hasil analisis uji coba, nilai Root Mean Square Error (RMSE) yang dihasilkan sebesar 3,947352.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Deteksi Tepi Canny, Lampu Lalu Lintas, Logika Fuzzy, Pengendalian Lalu Lintas, Pengolahan Citra Digital
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2019 07:05
Last Modified: 23 Aug 2023 05:44
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10461

Actions (login required)

View Item View Item