Web search engine berbasis algoritma pagerank untuk menentukan peringkat hasil pencarian artikel (studi kasus: situs Universitas Multimedia Nusantara)

Riyanto, William (2011) Web search engine berbasis algoritma pagerank untuk menentukan peringkat hasil pencarian artikel (studi kasus: situs Universitas Multimedia Nusantara). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
Laporan Skripsi William 07110110021.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi membahas tentang pembuatan web search engine berbasis algoritma PageRank untuk menentukan peringkat hasil pencarian artikel pada situs Universitas Multimedia Nusantara (www.umn.ac.id dan tv.umn.ac.id). Search engine dibuat berdasarkan algoritma PageRank yang dikembangkan oleh Sergey Brin dan Lawrence Page dalam paper mereka, “The PageRank Citation Ranking: Bringing Order To The Web”. Algoritma ini menghitung peringkat berdasarkan fungsi yang melibatkan banyaknya tautan keluar dan masuk dari dan ke suatu halaman tertentu. Dibuat crawler sederhana untuk mengumpulkan semua link dan analyzer yang menghitung PageRank dan memasukkan hasil perhitungan ke dalam basis data. Dua dataset yang dihasilkan memuat 71 dan 10722 halaman dan diuji dengan menggunakan convergence tolerance yaitu 10-4 dan 10-10 dan dampening factor sebesar 0.85. Search engine kemudian dapat menggunakan nilai PageRank untuk mengurutkan hasil pencarian dari dua dataset yang digunakan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.6 Internet, Cloud Computing, Website, LAN, Email
000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 27 Jan 2020 08:48
Last Modified: 21 Jun 2023 01:49
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/12075

Actions (login required)

View Item View Item