Implementasi Algoritma Alpha-Beta Pruning dengan Optimasi Killer Heuristic pada Kecerdasan Buatan Permainan Catur

Putra Jaya, Budiman (2020) Implementasi Algoritma Alpha-Beta Pruning dengan Optimasi Killer Heuristic pada Kecerdasan Buatan Permainan Catur. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (851kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (941kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (4MB)
[img] Text
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (216kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (493kB)

Abstract

Pada permainan catur, ada sangat banyak jumlah seluruh kombinasi langkah yang mungkin terjadi dalam satu giliran, khususnya pada kecerdasan buatan yang menggunakan algoritma Minimax. Dengan adanya hal tersebut, maka muncul metode optimasi algoritma Alpha-Beta Pruning sebagai solusinya. Perkembangan kecerdasan buatan pada permainan catur cukup pesat, sehingga muncul beberapa metode optimasi untuk algoritma Alpha-Beta Pruning. Salah satu metode optimasinya adalah Killer Heuristic. Penelitian ini membahas implementasi kecerdasan buatan yang dibuat dengan algoritma Alpha-Beta Pruning dengan optimasi Killer Heuristic untuk menghasilkan suatu keputusan langkah pada permainan catur serta mencari tahu seberapa besar efektifitas metode tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan algoritma Alpha-Beta Pruning dengan optimasi Killer Heuristic dapat mempercepat waktu pencarian langkah dan dapat membuat jumlah node yang lebih sedikit.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Alpha-Beta Pruning, Catur, Kecerdasan Buatan, Killer Heuristic, Minimax
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.3 Artificial Intelligence, Machine Learning, Pattern Recognition, Data Mining
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2020 07:41
Last Modified: 25 Aug 2023 00:11
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13440

Actions (login required)

View Item View Item