pengukuran layanan teknologi informasi dengan menggunakan kerangka kerja itil pada pt gramedia asri media

Pratama, Arya (2018) pengukuran layanan teknologi informasi dengan menggunakan kerangka kerja itil pada pt gramedia asri media. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
SKRIPSI ARYA 14110310084.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini direncanakan untuk melakukan pengukuran pada PT Gramedia untuk mengetahui layanan TI pada perusahaan tersebut apakah sudah sesuai dengan best practice yang terdapat pada kerangka kerja ITIL V3, Service Operation. Adapun fokus dari Service Operation antara lain: Problem Management, Incident Management, Access Management, Request Fulfillment, dan Event Management. Pengukuran dilakukan dengan 4 tahap, antara lain: Perencanaan, Pemeriksaan Lapangan, Pelaporan, dan Tindak Lanjut. Hasil dari pengukuran ini adalah menemukan tingkat kematangan atas implementasi layanan TI. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner ke 5 responden dan melakukan wawancara kepada Head of Technical Services and Help Desk. Hasil yang didapat tingkat kematangan layanan TI perusahaan berhenti di level 1 (Initial Level). Penelitian ini juga menghasilkan 70 rekomendasi yang diberikan untuk perusahaan, agar dapat meningkatkan layanan TI mereka. Berdasarkan hasil tindak lanjut yang dilakukan, hampir seluruhnya rekomendasi yang diberikan kepada perusahaan diterima dengan baik, dan juga beberapa rekomendasi diantaranya telah dilakukan pada PT Gramedia, namun tentu saja dengan concern yang diperoleh melalui adanya penelitian ini, akan memberikan keinginan untuk perbaikan layanan dan performa divisi TI kedepannya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 658.4013 Control and Quality Management
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 25 Jan 2019 07:03
Last Modified: 09 May 2023 05:55
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/4934

Actions (login required)

View Item View Item