Pola Konsumsi Berita Politik Melalui Media Sosial Facebook (Studi Kasus: Seleksi Media & Berita Pendukung Ahok & Anies Dalam Pilkada Dki 2017)

Maryana, Rita (2017) Pola Konsumsi Berita Politik Melalui Media Sosial Facebook (Studi Kasus: Seleksi Media & Berita Pendukung Ahok & Anies Dalam Pilkada Dki 2017). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (26MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (890kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (17MB)

Abstract

Pola konsumsi informasi melalui media sosial yang dilakukan masyarakat saat ini sangat bergantung pada faktor-faktor seperti kemudahan mengakses informasi, frekuensi dalam mengakses media dan pemilihan topik berita yang dibaca. Saat ini banyak pengguna Facebook yang menggunakan media sosial tersebut untuk mengonsumsi berita secara online. Fenomena yang terjadi saat ini adalah media sosial dapat memperkuat kepercayaan seseorang terhadap suatu informasi yang diinginkan dan diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pola konsumsi berita online melalui media sosial seperti Facebook yang dilakukan oleh pendukung Ahok dan pendukung Anies yang berdomisili di Jakarta. Penelitian ini juga membahas pandangan seseorang yang bisa saja tersesat oleh pandangannya sendiri akibat lebih sering mengakses informasi melalui Facebook dan bagaimana pola konsumsi pembaca media di era digital melalui Facebook. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan penelitian kualitatif-deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan pembaca lebih sering memilih berita yang mudah diakses dan disukai. Teori Selective Exposure mengungkapkan bahwa seseorang akan cenderung memilih berita yang disukai dan sering terpapar melalui media sosial yang sering diakses, sehingga semakin sering seseorang terpapar informasi yang disukainya, semakin besar kepercayaan seseorang terhdap informasi tersebut. Hasil penelitian ini mendukung asumsi teori selective exposure, bahwa orang akan cenderung memilih informasi yang diinginkan dan disukai, karena lebih sering terpapar dengan informasi tersebut orang tersebut menjadi enggan untuk mencari informasi di luar dari yang diinginkannya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Facebook, Filter Bubble, Media Sosial, Berita Online, Pola Konsumsi, Selective Exposure, Anies, Ahok
Subjects: 300 Social Sciences
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 28 Feb 2019 03:41
Last Modified: 12 Apr 2023 06:56
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5221

Actions (login required)

View Item View Item