perancangan kampanye sosial mengubah kebiasaan membuang makanan yang masih layak konsumsi di rumah tangga

Chandra, Felicia Stefany Louist (2018) perancangan kampanye sosial mengubah kebiasaan membuang makanan yang masih layak konsumsi di rumah tangga. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
bab v.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (812kB) | Preview
[img] Text
bab iv.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (13MB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (0B)
[img]
Preview
Text
halaman awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB) | Preview
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
bab iii.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab ii.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (840kB) | Preview

Abstract

Food waste yang masuk ke dalam sampah organik merupakan jenis sampah yang berbahaya karena menghasilkan gas metana yang berdampak 25 kali lebih buruk dibanding CO2 dalam jumlah yang sama. Berdasarkan konsep tersebut, penulis menggunakan melakukan penelitian kembali dengan metode explanatory sequential mixed method dalam memetakan serta memverifikasi data untuk mencari solusi terhadap topik permasalahan ini. Mengubah kebiasaan membuang makanan yang terutama sering terjadi di lingkungan rumah tangga merupakan persoalan mengubah pola perilaku, pola pikir, kebiasaan dan kebudayaan sehari-hari. Hal ini sekaligus memperkuat fakta perlunya kampanye untuk permasalahan ini. Berdasarkan kondisi tersebut, muncul pertanyaan mengenai ‘bagaimana merancang kampanye sosial yang dapat mengubah kebiasaan membuang makanan yang masih layak konsumsi di rumah tangga’. Kampanye Sadar Santap merupakan sebuah kampanye pencegahan makanan terbuang di skala rumah tangga dengan cara baru yang mudah. Terdapat beberapa upaya yang dilakukan yaitu, preventif, kreasi, dan persuasi. Fokus utama dalam kampanye yaitu kebutuhan preventif, menjadi salah satu alasan pemilihan media utama yaitu motiongrafis. Dalam mengalihkan dan mencegah makanan dalam kondisi baik terbuang di lingkungan rumah tangga, kampanye ini menggunakan media media sosial berupa digital konten, buku harian, dan banner serta berbagai media kolateral lainnya yang dapat membantu target. Harapan besarnya, tugas akhir ini dapat berkontribusi secara nyata, bukan hanya sekadar tugas akhir semata

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 170 Ethics > 178 Ethics of consumption
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.3 Social Interactions within Groups
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 658.401 Planning and Strategic Management
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 11 Nov 2019 04:44
Last Modified: 04 Apr 2023 08:00
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/7802

Actions (login required)

View Item View Item